Muba Bakal Ikut Pemilukada Serentak ?

 285 total views,  2 views today

PALEMBANG – Terkait pelaksanaan Pemilukada serentak di tujuh kabupaten dan kota di Sumatera Selatan (Sumsel) bisa saja bertambah satu kabupaten lagi, yakni Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Namun untuk dapat mengikuti pelaksanaan Pemilukada serentak Kabupaten Muba belum dapat dipastikan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel bidang sosialisasi, Ahmad Naafi, mengatakan mengenai kemungkinan tersebut pihaknya masih harus menjalin koordinasi bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri). “Kita akan koordinasi dengan Mendagri, apakah Muba bisa diikutsertakan penyelenggarakan Pemilukada atau tidak,” ujarnya, belum lama ini.

Ahmad Naafi menambahkan, Kabupaten Muba memungkinkan mengikuti Pemilukada serentak, bila Pemilukada diundur pada 2016. Hanya saja, menurut Naafi, jika dilihat dari masa berakhirnya kepala daerah, Kabupaten Muba di posisi sulit untuk mengikuti pelaksanaan Pemilukada serentak.

Pasalnya, masa berakhir Kepala Daerah Muba di akhir tahun 2016 dan baru dilantik pada awal 2017. Sementara jika Pemilukada diundur pada 2016, pelaksanaan digelar pada awal tahun. “Kemungkinan Muba, tapi nanggung. Jaraknya cukup lama. Tapi tetap bisa memungkinkan,” terang Ahmad Naafi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kabupaten yang dipastikan menyelenggarakan Pemilukada serentak adalah, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan (OKUS), OKU Timur (OKUT), Musi Rawas (Mura), Mura Utara (Muratara) dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

 

TEKS        : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR    : IMRON SUPRIYADI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster