Muara Enim aman dari buah Apel Berbakteri

 246 total views,  2 views today

MUARA ENIM – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muaraenim, dr H Yan Riyadi Mars mengungkapkan sejauh ini, peredaran buah apel di Kabupaten Muaraenim aman dari suplai buah impor apel Amerika yang terkontaminasi bakteri.

“Kita pastikan, sejauh ini Kabupaten Muaraenim masih aman dari peredaran buah apel Amerika yang terkontaminasi bakteri,” tutur Yan, kemarin (9/2).

Secara kasat mata, kata dia, sulit untuk mengetahui buah apel yang terkena bakteri atau tidak. Baru bisa diketahui setelah dilakukan proses pemeriksaan terhadap buah apel di laboratorium, karena bakteri yang telah berkembang biak di karamel pembungkus apel langsung masuk kedalam pori – pori apel.

Selain itu, lanjut dia, peredaran buah apel Amerika banyak terjadi pada kasus di pusat perbelanjaan (mal – mal) besar. Untuk itu, dihimbau kepada distributor buah kiranya melakukan karantina terlebih dahulu pada buah – buah yang datang ke kiosnya.

“Kepada masyarakat kiranya dapat lebih memperhatikan buah apel, buah lainnya, atau barang dagangan lainnya memperhatikan kadaluarsanya. Lihat kualitas fisik buah, dicuci dahulu buah sebelum disantap, serta cuci tangan sebelum makan buah,” imbaunya.

Ke depan, Pihaknya bersama Tim Terpadu yakni Desperindag, Sat Pol PP, dan Dinas Ketahanan Pangan, akan melakukan pengawasan lebih ketat lagi terhadap barang – barang dagangan seperti buah dan sebagainya yang masuk ke Kabupaten Muaraenim.

“Harapannya, agar masyarakat di Kabupaten Muaraenim menjadi aman dari ancaman segala sumber penyakit, jangan sampai kecolongan,” ungkapnya.

 

TEKS        : SISWANTO

EDITOR     : FJ ADJONG

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster