Rumah Tahfiz Sumsel Wisudakan 800 Hafiz-Hafizah

 299 total views,  2 views today

PALEMBANG – Hari ini, Yayasan Rumah Tahfiz Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Wisuda Akbar ke-23 bagi penghafal Al-Qur’an (hafiz) sebanyak 800 yang terdiri dari hafiz dan hafizoh. Hal itu diungkapkan Pembina Yayasan Rumah Tahfiz Sumsel, Subki Sarnawi saat diwawancarai, kemarin.

Dikatakan Subki, wisudanya sendiri berlokasi di Academic Center Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, dengan meluluskan ratusan orang hafiz.

“Keberadaan rumah tahfiz ini semakin hari semakin meningkat, karena memang antusias masyarakat yang menginginkan anak-anaknya bisa hafal al-Qur’an juga tinggi. Nah, yang akan diwisuda hari ini beragam, seperti yang hafal Juz ‘Amma, golongan 1 Juz, 5 Juz dan seterusnya bahkan hafiz secara 30 Juz Al-Qur’an,” sebutnya.

Selain mengagendakan wisuda akbar, lanjut Subki, pihaknya juga akan mendeklarasikan gerakan seribu rumah tahfiz di wilayah Sumsel. Oleh sebab itulah, semua undangan sudah pihaknya sebar sebelumnya kepada Kabupaten/Kota yang diharapkan kepala daerahnya bisa hadir.

“Kita mengharapkan di tahun-tahun yang akan datang tiap daerah mempunyai rumah tahfiz. Sehingga bisa memberikan pendidikan serta pelatihan kepada semua generasi penerus bangsa untuk lebih memahami, mempelajari, mempraktekkan makna isi dari pedoman umat Muslim tersebut,” ungkapnya.

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, pihaknya mendukung penuh tiap program yang mencerdaskan generasi muda melalui pendidikan apalagi pendidikan Al-Qur’an. Sebab, ini menggalakkan pemuda berbuat yang positif.

“Saat ini banyak generasi muda yang rusak karena modernisasi dan pergaulan, menggunakan narkoba atau berbuat asusila. Saya yakin dengan adanya rumah tahfiz seperti ini bisa membina anak-anak muda di Sumsel. Ini akan saya dukung penuh,” kata Alex.

Ia menjelaskan, bentuk dukungan yang akan diberikan yakni dijadikannya rumah tahfiz yang ada untuk masuk ke lembaga pelatihan khusus pencipta generasi muda penghafal Alquran.

“Sebenarnya, Pemprov sumsel membela dan menegakkan syiar Islam. Salah satunya dengan memerangi kebodohan yakni memberikan program sekolah gratis. Kami akan dukung nantinya terkait keberadaan rumah tahfiz di Sumsel dan kegiatan-kegiatannya,” pungkasnya.

TEKS:IMAM MAHFUZ
EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster