Puluhan Rumah di Kecamatn Tebing Tinggi Terendam Banjir

 176 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG – Banjir tahunan kembali terjadi di Kabupaten Empat Lawang. Kali ini, luapan air sekitar 30 centimeter masuk ke dalam puluhan rumah di Desa Baturaja Baru dan Baturaja Lama, Kecamatan Tebing Tinggi.

Selain itu, banjir kali ini juga nyaris menghanyutkan beberapa rumah yang ada di Kelurahan Tanjung Makmur, Kecamatan Tebing Tinggi.

Beberapa warga di Kelurahan Tanjung Makmur dan Kelurahan Pasar yang rumahnya nyaris hanyut, sudah bersiap-siap untuk menyelamatkan harta bendanya ke lokasi yang lebih aman. Mereka khawatir, luapan air Sungai Musi yang sangat deras, bisa menghanyutkan rumah dan harta benda mereka.

Beruntung, banjir akibat luapan Sungai Musi ini, hanya berlangsung beberapa jam saja. Debit air berangsur-angsur surut dan niat warga untuk mengungsikan harta bendanya batal.

“Ungtunglah banjirnyo idak besak nian, jadi kami dak jadi ngungsi,” ungkap Wan, salah satu warga Tebing Tinggi.

Sedangkan di Desa Baturaja Baru dan Baturaja Lama, banjir merendam puluhan rumah warga. Ketinggian air mencapai lutut orang dewasa hingga setengah meter lebih. Bahkan, di beberapa titik di dalam desa tersebut, ketinggian banjir sudah mencapai satu meter lebih. Warga terpaksa menggunakan perahu karet atau perahu kayu, agar bisa melintasi lokasi banjir.

“Banjir kali ini lebih kecil dibandingkan tahun kemarin, namun tetap saja membahayakan warga. Ini banjir tahunan, sudah tidak asing lagi bagi warga kami,” ungkap Min, warga Baturaja Baru, kemarin.

Untuk diketahui, banjir ini diakibatkan oleh hujan deras sepanjang malam, sejak Kamis sore (5/2) hingga Jumat Pagi (6/2). Diduga, hujan terjadi di seluruh wilayah Kabupaten Empat Lawang, khususnya di bagian hulu Sungai Musi.

 

TEKS        : SAUKANI

EDITOR    : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster