Di Muara Enim, Hanya Tiga Hotel yang Miliki Izin

 544 total views,  2 views today

MUARA ENIM – Dari sekian banyak hotel maupun losmen yang ada di Kabupaten Muaraenim, hanya ada tiga hotel yang memiliki izin dan tercatat di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Muaraenim

“Sejauh ini, kita belum menerima permohonan Izin Operasional atau Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Pihak pengelola hotel atau losmen yang ada di Muaraenim. Hanya tiga hotel yakni Hotel Grand Zuri, Hotel Sintesa dan Hotel Griya Serasan yang jelas dari awal sampai operasi telah melapor ke Pemkab Muaraenim,” tutur Kepala BPPT Muaraenim melalui Kasi Administrasi Perizinan, Aidil didampingi, Kasubid Pengolahan Data Pengaduan, Yulizar.

Menurutnya, IMB diterbitkan Pemkab telah jelas peruntukannya dan wajib ada sebelum jalannya operasional usaha. Misal, IMB hotel penginapan wajib dibuat peruntukan memang untuk hotel. Namun, jangan IMB untuk toko tapi dipergunakan untuk hotel atau penginapan.

Pentingnya memiliki izin operasional, lanjutnya, sebagai upaya tertib administrasi. Dimana, didalamnya terdapat sejumlah poin-poin penting, yaitu izin gangguan (HO) dan kewajiban lainnya bagi suatu penginapan atau hotel, diantaranya kewajiban memiliki tangga darurat, kewajiban memiliki instalasi yang standar, dan standar safety tank.

Menyikapi hal ini, pihaknya telah terjun ke lapangan dengan mengingatkan atau memberikan himbauan langsung kepada sejumlah hotel yang masih melanggar. Namun, tampaknya imbauan tersebut belum diindahkan.

“Nanti bersama Tim Terpadu yaknis Satpol PP, Dinas PU CK dan BPPT sendiri akan terjun kelapangan lagi untuk menindak tegas hingga pembuatan police line, tanda tidak boleh beroperasional,” tegasnya.

Dirinya menghimbau kepada hotel – hotel yang masih belum mengindahkan agar segera membuat izin.

“Karena dengan tertib dan perizinan lebih tertata, bisa membantu dalam pemasukan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD),” pungkasnya.

 

TEKS      : SISWANTO

EDITOR   : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster