Berlubang, Jalintim Rawan Kecelakaan

 358 total views,  2 views today

Kondisi jalintim yang berlubang di Indralaya-Kayuagung sehingga para sopir harus berhati-hati. | Dok KS

Kondisi jalintim yang berlubang di Indralaya-Kayuagung sehingga para sopir harus berhati-hati. | Dok KS

Indralaya – Meski sudah sempat diberitakan sebelumnya, namun hingga kini belum ada upaya dari pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III (BBPJN III), untuk memperbaiki jalan negara tepatnya di ruas Jalan Lintas Timur (Jalintim), Palembang-Indralaya-Kayuagung yang saat ini berlobang.

Selain mengakibatkan kemacetan cukup panjang, kondisi jalan tersebut juga kerap menyebabkan kecelakaan

Jalintim Kabupaten Ogan Ilir sudah hampir dua bulan terakhir rusak parah dengan kondisi lubang menganga, seperti di Desa Tebing Gerinting, Kecamatan Inderalaya Selatan, Desa Kerinjing, Kelurahan Tanjung Raja, Kecamatan Tanjung Raja, dan Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Ogan Ilir.

Pantauan di lapangan, Minggu (8/2), kondisi rusaknya Jalintim Ogan Ilir tersebut terbilang sangat memprihatinkan. Lubang mengangga berkedalaman sekitar 30 centimeter hingga 1 meter itu kerap menyebabkan kecelakaan tunggal. Bukan saja dialami pengendara sepeda motor, melainkan pula pengendara truk maupun truk bertonase besar.

Padahal, jalan negara itu sudah berkali-kali diperbaiki oleh pihak terkait, namun kenyataannya perbaikan jalan tidak bertahan lama alias hanya ditambal sulam menggunakan cor agregat serta Campuran Aspal Panas (CAP).

Belum diketahui secara pasti penyebab kembali rusaknya Jalintim tersebut.

Selain itu, banyaknya truk-truk yang melebihi tonase dari arah Kayuagung hendak menuju Palembang melintas pada malam hari, juga berakibat pada kerusakan jalan raya.

“Sudah berulang kali kami diwawancarai wartawan soal kerusakan jalan ini. Pemerintah kan pasti membaca berita kerusakan jalan melalui berbagai media. Seharusnya pemerinah Pusat cepat tanggap memperbaikinya. Jangan sekadar didiamkan saja,” kata Ujang, warga setempat.

Sementara itu, Eka, warga Indralaya mengaku banyanya lobang di Jalintim sangat membahayakan pengguna jalan. “Bila melihat kondisinya, jalintim itu kebanyakan berlubang tidak terlalu dalam tapi beruntun. Sehingga situasi ini sangat rentan terjadinya kecelakaan bagi pengemudi sepeda motor, terutama pada malam hari atau ketika hujan turun. Saya berharap, pihak terkait segera mengatasinya,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, dengan kondisi Jalintim yang bertebaran lubang tersebut memudahkan terjadi kemacetan. “Kita semua sudah paham, bila setiap hari Jalintim ini dijejali dengan kenderaan truk dan fuso yang bertonase berat. Bila kondisi jalan banyak berlubang, sangat mudah terjadi kerusakan bagi kendaraan berat tersebut. Dari sinilah awal biasa terjadi macet, dengan truk rusak ditengah jalan akan terjadi penumpukan kenderaan sehingga macet,” ujarnya.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten OI, Ahmad Yani berharap, pihak terkait dalam hal ini BBPJN 3 yang bertanggungjawab terhadap jalan nasional dari Desa Simpang Pelabuhan Dalam hingga Desa Tebing Gerinting Indralaya Selatan untuk sepenuhnya memperbaiki kerusakan jalan dengan konstruksi khusus yang kuat dan permanen.

“Jangan hanya ditambal sulam saja. Kiranya perlu diperbaiki dengan konstruksi khusus dan permanen, supaya kondisi jalan bertahan lama,” terang Ahmad Yani.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Bina Marga Ogan Ilir, H Mukhsin Abdullah mengatakan, keberadaan Jalintim itu merupakan kewenangan pejabat di tingkat Provinsi Sumsel. Kendati demikian, kondisi Jalintim yang melintas di Ogan Ilir tetap menjadi perhatian pemerintah setempat.

“Selama ini Pemkab Ogan Ilir selalu memantau keberadaan Jalintim, bila di suatu lokasi terdapat kerusakan parah tetap dilakukan perbaikan sementara. Karena Jalintim itu merupakan jalan negara bukan jalan kabupaten, sehingga pembangunannya yang permanen dikembalikan ke provinsi,” katanya.

 

Teks     : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster