Baju Bekas Itu Produk Ilegal

 225 total views,  3 views today

PALEMBANG – Setelah baju bekas impor dilarang keras beredar dikarenakan virus-virus bakteri yang terdapat didalamnya, tak hanya itu, baju bekas impor adalah barang ilegal. Barang bekas yang sudah terlanjur masuk di pasaran sulit dihentikan karena sudah terlalu banyak.

Penjual baju-baju bekas ini pun sudah buka-bukaan dengan melanggar ketentuan Menteri Perdagangan. Makin banyaknya penjualan baju bekas ini di pasaran, semakin memperlihatkan sangat kurangnya pantauan dari dinas yang terkait. Berdasarkan peraturan Menteri Perdagangan, No.53 Tahun 2009, barang-barang bekas yang ilegal tidak di perbolehkan masuk.

“Karena ada oknumnya dan ada importirnya, penjualan baju bekas itu menjadi marak,” ujar Permana, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel, Minggu (8/2).

Baju-baju bekas ini pun ternyata masuk tanpa diketahui Disperindag Sumsel dikarenakan mereka tidak mempunyai angka pengenal barang impor untuk baju-baju bekas.

“Bisnis ini memang bisnis masyarakat bawah. Dan kita juga harus benar-benar mensosialisasikannya bersama-sama tentang barang ilegal,” ucapnya.

Ada terkecualian barang bekas yang legal, ini pun bukan termasuk barang melainnka jeroan sapi dari Australia.

Tambah Permana, hanya ada satu barang bekas yang dibolehkan masuk ke Indonesia.

“Tapi ini pun bukan barang melainkan jeroan sapi dari Australia. Dan, itu sudah ada izin impornya untuk ke Indonesia, tapi saya liat juga di sini belum pernah terlihat untuk jeroan dari Australia sendiri,” jelas Permana.

 

TEKS       : YUNIDANIATI

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster