Bahan Masjid Al Ra’Iyah Impor dari Italia

 349 total views,  2 views today

Masjid Al Ra'Iyah yang berdiri dihalaman DPRD Sumsel. | Foto : Dok KS

Masjid Al Ra’Iyah yang berdiri dihalaman DPRD Sumsel. | Foto : Dok KS

PALEMBANG – Arsitek pembuat Masjid Al Ra’Iyah yang berdiri dihalaman DPRD Sumsel mengaku jika biaya melakukan pembangunan sebesar Rp7 miliar melalui dua tahapan serta telah melalui proses BPK.

Ketahanan bangunan Masjid itu sendiri diakuinya dijamin meski adanya gempa kecil sekalipun akan tahan, karena bahan bahan yang digunakan merupakan bahan pilihan bahkan ada yang di import dari luar Negeri. Sedangkan pengerjaannya sendiri separuh dilakukan oleh pekerja dari luar Sumsel.

Arsitek Masjid Al Ra’Iyah Kasmedi Jaya menuturkan jika pihaknya melalui CV Fisetia melakukan pembangunan Masjid sejak 2013 lalu dengan pekerja sampai ratusan orang dan menggunakan sistem bekerja  dua shif siang dan malam. Sementara dana yang dipakai sebesar Rp7 miliar lewat dua tahapan.

“Kalau soal dana bukan wewenang saya. Tapi setahu saya dua tahap, pertama seingat saya Rp3,2 miliar dan total Rp7 miliar. Dan, itu sudah clear di audit oleh BPK,” katanya.

Ia berkata, di tahap kedua pihaknya membutuhkan lebih banyak pekerja. Pekerja sendiri separuhnya diambil dari orang luar Sumsel.

“Tahap pertama pembangunan struktur senilai 3,2.  Pondasi pakai tiang pancang kedalaman 2,5 meter, kerangka struktur beton bertulang. Standarisasi kekuatan sangat kuat, bertahan selagi tidak ada gempa yang begitu kuat akan aman. Sesuai hitungan struktur pembangunannya,” ungkap dia.

“Beton sendiri menggunakan K300 beton, dimana daya dukung betonnya 300 kilo per cm persegi. Beton tersebut memang memakai Redimiks yang dibeli disini,” tambah Kasmedi.

Masih kata Arsitek, ada terdapat bahan yang dibeli dari luar Negeri atau import yakni Granit, yang dibeli dari Negara Italia dengan jumlah banyak sekitar 200 meter persegi.

“Meski diawal banyak pro dan kontra tapi kini BPK sudah clear auditnya,” tutup Kasmedi Jaya.

 

TEKS        : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster