Menanti 1000 Pedagang di Pasar Hobi

 277 total views,  2 views today

PALEMBANG – Tingginya animo masyarakat yang tertarik terhadap batu mulia atau akik menjadi alasan utama Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang membangun Pasar Hobi. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel, Permana menegaskan, pembangunan Pasar Hobi tersebut akan dilakukan di areal Dekranasda, Jakabaring Palembang diatas lahan seluas 2 hektare.

“Detail Engineering Design (DED) sudah siap. Tinggal pembangunannya saja,” tegas Permana usai pemaparan pembangunan Pasar Hobi di Kantor Pemprov Sumsel, kemarin.

Menurutnya, pembangunan tersebut sengaja dilakukan, lantaran Palembang belum memiliki sentra hobi tersebut. Di Pasar tersebut, rencananya akan dibangun dua lantai, dengan pembagian masing-masing hobi perlantainya. Pihaknya memastikan jika pasar tersebut mampu menampung lebih dari 1000 pedagang dari berbagai jenis hobi.

“Mulai dari hobi burung, ikan hias, unggas, reptil, bonsai, termasuk yang lagi booming saat ini, batu akik. Saat ini tidak ada yang menjadi lokasi khusus pusat hobi tersebut,” tegas dia.

Permana menyebut, kisaran dana untuk pembangunan pasar ini mencapai Rp3-5 milyar yang dananya berasal dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, Pemprov Sumsel serta Pemkot Palembang.

“Dananya sharing. Dan Pemprov Sumsel mendukung penuh pembangunan pasar ini,” imbuh Permana.

Sementara, Pelaksana Tugas(Plt) Wali Kota Palembang, Harnojoyo siap bekerjasama untuk pembangunan pasar ini. Menurutnya, pasca melonjaknya permintaan sekaligus peminat batu akik di Sumsel ini, wajib diakomodir. Selama ini, peminat dan kolektor batu akik ini terpusat di Pasar Cinde dan sekitar bioskop Mawar Palembang.

“Jadi sedikit semrawut. Makanya akan kita akomodir pasar tumpah yang selalu dipenuhi pecinta batu akik tersebut,” kata Harno yang juga hadir dalam rapat tersebut.

Sembari menunggu pembangunan pasar hobi, pihaknya mempersiapkan 60 unit tenda seluas 3×4 meter untuk menampung 190 pedagang di areal bioskop Mawar tersebut.

“Makanya, bantuan dari Pemprov ini akan kita manfaatkan. Jangka panjangnya mendongkrak wisatawan yang datang ke Palembang. Untuk mekanismenya nanti kita bicarakan lagi kedepannya,” pungkasnya.

 

TEKS        : IMAM MAHFUZ
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster