Lapter Atung Bungsu Pagaralam Belum Beroperasi Kembali

 293 total views,  2 views today

Walikota Pagaralam pose bersama Unsur Muspida ssat Peremian Bandara atung bungsu

Walikota Pagaralam pose bersama Unsur Muspida ssat Peremian Bandara atung bungsu, Beberapa Waktulalu. | Dok kS

PAGARALAM – Hampir satu bulan lamanya belum beroperasi lagi penerbangan di Lapangan Terbang (Lapter) Atung Bungsu Kota Pagaralam hingga membuat sejumlah lapisan masyarakat mulai mempertanyakan kapan akan kembali beroperasi.

Mereka terlanjur menyukai penerbangan ke Palembang atau Bengkulu melalui penerbangan di Lapter Atung Bungsu, karena dapat mempersingkat waktu tempuh hingga beberapa jam.

Haryanto, salah seorang pengguna penerbangan mengaku telah beberapa menikmati jasa penerbangan di Lapter atung Bungsu.

“Penerbangan melalui Lapter Atung Bungsu dapat lebih cepat tiba baik pergi maupun pulang dari Palembang,” akunya, kemarin (6/2).

Jika penerbangan mulai beroperasi kembali lanjutnya, selain meningkatkan PAD Kota Pagaralam, termasuk pula menunjang dunia pariwisata karena sudah banyak orang luar atau tamu yang mengetahui kalau di Pagaralam sudah ada Lapangan Terbang.

Sebelumnya, penerbangan Susi Air Jurusan Pagaralam – Palembang (PP) serta Pagaralam – Bengkulu (PP), telah dihentikan sejak Januari lalu. Kepala Unit Layanan Bandara Atung Bungsu Joko Purnomo mengatakan, penghentian itu dilakukan karena penerbangan perintis yang dilayani PT Susi Air bersumber dari APBD Provinsi dan APBN telah habis kontraknya.

Sementara jumlah flight (penerbangan) telah terpenuhi hingga akhir tahun 2014 lalu.

“Saat ini kami belum dapat melayani penerbangan lagi. Jumlah flight sudah terpenuhi tepat Senin (29/12/2014) lalu, sehingga semua penerbangan tidak ada lagi. Apalagi Bandara Atung Bungsu termasuk kelas perintis atau kelas 4, bukan termasuk bandara komersial sehingga hal ini biasa dalam jadwal penerbangan,” sebutnya.

Kendati demikian, kata Joko, pihaknya berharap ke depan dengan adanya kontrak baru, bandara Atung Bungsu dapat beroperasi lagi melayani penerbangan setelah diumumkan pemenang dan ditandatangani kontrak baru.

“Meskipun aktivitas penerbangan di lapter Atung Bungsu belum kembali berjalan, namun dalam rangka membuka hubungan dengan berbagai daerah di tanah air, Pemerintah Kota Pagaralam melalui Lapangan Terbang (Lapter) Atung Bungsu berencana akan menambah rute penerbangan, yaitu Lapter Atung Bungsu-Jakarta dan Jakarta-Atung Bungsu,” sambungnya.

Diberitakan sebelumya, Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati Basjuni menegaskan, selama ini pihaknya melakukan penerbangan perintis dari Lapter Fatmawati Bengkulu- Atung Bungsu-Bandara SMB II Palembang.

Ia mengatakan, seiring lajunya perkembangan Lapter Atung Bungsu yang didanai APBD Kota Pagaralam dan APBD Sumsel berikut APBN Pusat, di tahun 2015 pihaknya akan menambah route penerbangan menuju Jakarta dan sebaliknya.

“Semoga penambahan rute penerbangan dengan mengunakan pesawat penumpang sekitar 60 seat (kursi) dapat terealisasi,” harapnya seraya berujar fasilitas penunjang pengoperasiannya masih banyak kekurangan dan pihanya tengah berupaya koordinasi dengan pihak terkait lainnya.

 

TEKS       : ANTONI STEFEN

EDITOR   : FJ ADJONG

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster