Kepala BNK OI Ditetapkan Jadi Tersangka

 142 total views,  2 views today

KAYUAGUNG – Kepala Badan Narkotika Kabupaten Ogan Ilir (OI), Dirowardi ditetapkan tersangka oleh Kejaksaan Negeri Kayuagung, atas dugaan korupsi dana hibah Pemkab OI tahun 2013.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kayuagung, Viva Hari Rusataman menjelaskan, kasus ini dilaporkan masyarakat sekitar 4 bulan lalu, selanjutnya penyidik kejaksaan negeri melakukan Penyelidikan, akhirnya penyidik meningkatkan status kasus ini dari penyelidikan ke penyidikan.

“Setelah kita memeriksa saksi-saksi, dan menemukan dua alat bukti yang sah, akhirnya kita menetapkan kepala BNK OI sebagai Tersangka kasus korupsi dana hibah tahun anggaran 2013,” ujar Kajari.

Dalam kasus ini menurut kajari, Kerugian negara mencapai lebih dari Rp200 juta.

“Tersangka mencairkan dana hibah dengan penerima fiktif, atas perbuatanya negara dirugikan lebih dari Rp200 juta, tetapi itu baru hitungan penyidikan, angka pastinya kerugian negara akan dihitung oleh BPKP,” jelasnya.

Ditambahkan Kasi Pidsus Kejari Kayuagung, Erick Yudistira, setelah ini pihaknya dalam waktu dekat akan segera memanggil tersangka untuk dimintai keterangan.

“Untuk sementara kita baru menetapkan satu orang tersangka dalam kasus ini, apakah nanti tersangkanya bertambah atau tidak kita lihat saja hasil pengembangan penyidik,” terangnya.

Sebelumnya, pihaknya juga telah menetapkan 3 tersangka dalam kasus korupdi dana KUR dengan kerugian negara mencapai Rp8 miliar, dan ada dua kasus lagi masih dalam proses pemberkasan yakni kasus korupsi dana simpan pinjam perempuan (SPP) Kecamatan Pedamaran dengan tersangka Ketua Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Ermini, dan kasus pungli sertifikat gratis lahan transmigrasi di Desa Suryakarta dengan Tersangka Kades Suryakarta Purnomo dan oknum PNS disnakertrans OKI Jasno.

“Kita tidak akan main-main dalam penanganan kasus Korupsi, yang sudah masuk di Kejari kayuagung, di tahun 2015 ini kita targetkan sebanyak-banyaknya dapat mengungkap kasus korupsi baik yang terjadi di OKI dan OI,” tambahnya.

 

TEKS        : DONI AFRIANSYAH

EDITOR    : FJ ADJONG

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster