Jatah BUMD Kota Palembang Rp 37 M

 318 total views,  2 views today

PALEMBANG – Tahun 2015 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, akan kucurkan dana sebesar Rp37 miliar untuk tiga Badan Usaha Milik Daerah. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Palembang Zulfan mengatakan, dana yang akan diberikan tersebut dalam bentuk penyertaan modal, guna memajukan BUMD yang ada di Palembang.

“Untuk tahun 2015 ini, penyertaan modal akan diberikan pada tiga BUMD, untuk yang lainnya belum,” ungkapnya, Jumat (6/2).

Zulfan menyebutkan, BUMD yang dapat penyertaan modal tersebut adalah, PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) sebesar Rp25 miliar, yang ditujukan untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) serta pengadaan Bus Rapid Transit (BRT) Transmusi.

“PLTMG Sematang Borang kan masih belum berjalan, makanya diberikan dana untuk melanjutkan pembangunannya, begitu juga BRT Transmusi harus ditambah, karena bus sekarang banyak rusak,”katanya.

Kemudian sambung Zulfan, PT Patralog dapat kucuran dana sebesar Rp6 miliar, untuk di operasionalkan kembali, karena sudah berapa tahun ini vakum.

“Insyaallah PT yang bergerak di bidang logistik ini akan beroperasi kembali tahun ini juga,”ujarnya.

Terakhir, Kata Zulfan BUMD yang dapat penyertaan modal adalah, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang, sebesar Rp6 miliar, namun dana itu merupakan dana lanjutan untuk pengembangan jaringan dari Negara Australia.

“Jadi seperti tahun sebelumnya, Negara Australia memberikan dana kepada Negara Indonesia untuk penyambungan aliran air bersih bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR),” katanya.

Ditanya mengapa hanya tiga BUMD yang diberikan suntikan dana? Zulfan menjawab, karena keterbatasan anggaran. Pihaknya merencanakan, secara bertahap semua BUMD akan dapat suntikan dana. Namun, untuk BUMD yang sudah mampu berdiri sendiri, artinya mandiri seperti, PD Pasar Palembang Jaya tidak diberikan dana.

“Nah, mudah-mudahan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2015, Bank BPR Pasar akan diberikan suntikan dana, sehingga bisa segera beroperasi. Untuk angkanya, belum bisa dipastikan,” tutupnya.

 

TEKS      : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster