Alex Siapkan Nama-nama Pjs Kepala Daerah

 245 total views,  2 views today

Alex Noerdin Gubernur Sumsel | Dok KS

Alex Noerdin Gubernur Sumsel | Dok KS

PALEMBANG – Mundurnya jadwal Pilkada serentak yang seharusnya digelar pada 2015 ini, membuat setidaknya enam daerah Kabupaten/Kota di Sumsel akan mengalami kekosongan masa jabatan kepemimpinan kepala daerah. Guna mengisi tampuk kepemimpinan tersebut, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin akan menunjuk penjabat Bupati dimasing-masing daerah hingga proses Pilkada tiba.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Sumsel, Ikhwanudin menegaskan, pihaknya telah mendapatkan jadwal Pilkada. Termasuk, gambaran pilkada dari pusat yang digelar serentak pada 2016.

“Dengan sendirinya, kami akan mengikuti aturan dari pusat. Jadi, rencana Kabupaten/Kota yanga akan Pilkada pada 2015, akan menjadi 2016,” tegasnya di Kantor Pemprov Sumsel, kemarin.

Untuk enam Kabupaten/Kota yang hampir habis masa jabatan Bupati/Walikota-nya yakni, Kabupaten Pali pada April 2015, Kabupaten Ogan Ilir (OI), OKUT, OKU Induk, OKUS pada Agustus 2015. Serta, Kabupaten Musirawas pada September 2015. Dia menambahkan, siapapun dari pejabat esselon II yang bakal mengisi kekosongan Bupati Daerah Otonomi Baru (DOB) tersebut masih menjadi rahasia dari orang nomor satu di Sumsel.

“Gubernur yang akan menentukan, nama-namanya merupakan hak Gubernur, tidak ada yang punya wewenang untuk itu,” jelasnya.

Meski saat ini telah beredar sejumlah nama yang diisukan bakal menggantikan Heri Amalindo dikalangan Pemprov Sumsel. Seperti, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Yulizar Dinoto, lalu kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumsel Apriadi, dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Sumsel, Yusnin.

“Semuanya hak Gubernur. Tidak ada yang punya wewenang untuk itu. Rekomendasi nama belum ada. Kalau rekomendasi nama-nama penjabat Bupati Pali, Maret mendatang sudah akan diajukan,” tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengaku jika masih menunggu teknis tersebut dari pemerintah pusat. “Mungkin nanti akan kita usulkan. Yang penting jangan sampai ada kekosongan pemerintahan. Tidak hanya di satu daerah, melainkan seluruh kabupaten/kota di Sumsel,” pungkasnya.

 

TEKS        : IMAM MAHFUZ
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster