Musim Hujan, Produksi Karet Terganggu

 297 total views,  2 views today

INDERALAYA – Musim hujan yang melanda akhir-akhir ini membuat produksi karet rakyat menjadi terganggu khususnya di Kabupaten Ogan Ilir. Hal ini diungkapkan Parmin, petani karet Pulau Semambu Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. “Memang dilema yang kita hadapi adalah musim hujan. Kalau hujan lagi turun, malah kita sama sekali tidak menyadap karet,” ujar Parmin.

Dijelaskannya, musim hujan membuat petani enggan menyadap karet. Permasalahannya, datangnya musim hujan selain membuat tubuh dingin, juga membuat struktur tanah di kebun menjadi sangat becek.

“Apalagi tanah ditempat kita tidak hujan saja sudah lunak tanahnya. Apalagi ketika hujan, malah kalau memakai sepatu boat, kita tidak dapat turun kekebun,” ungkapnya.

Hal lainnya katanya, ketika karet tercampur air, biasanya akan jatuh dan membuat hasil produksi karet juga tidak optimal. “Kita sudah capek-capek menyadap, hasilnya malah ada yang terjatuh lantaran dipenuhi air. Belum lagi, banyaknya nyamuk didalam kebun membuat semakin enggan untuk mengerjakan penyadapan,” paparnya saraya mengaku untuk menyadap karet waktu yang paling baik adalah subuh hingga pagi hari.

Selebihnya lanjutnya, jika hari telah siang, produksi karet akan semakin menurun. “Kalau sudah siang malah tidak bagus. Batang karet sudah kita lukai, tetapi getah yang keluar tidak sebanyak pada pagi hari,” terangnya.

Ini katanya, akan berbeda dengan petani sayuran. Dimana hujan yang turun membuat sayur mayur semakin segar dan semakin cepat untuk dipanen. “Apalagi, petani kangkung, dimana sayur yang mereka tanam sangat banyak memerlukan air,” imbuhnya.

Menyinggung harga karet saat ini, Parmin, mengatakan untuk harga karet sendiri sudah mulai baik. Bahkan untuk penjualan karet perkilogramnya, sudah mencapai Rp8 ribu.

“Harga karet sudah mulai beranjak baik. Karenanya tidak ada permasalahan lagi, dan petani juga sudah mulai membaik tingkat perekonomiannya,” tukasnya.

 

TEKS       : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR   : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster