Logam Mulia Palsu sudah Mulai Beredar

 313 total views,  2 views today

PALEMBANG – Maman, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Pegadaian Palembang menyebutkan, saat ini banyak sekali beredarnya Logam Mulia atau (LM) palsu di pasaran dengan kadar emas yang jauh dibandingkan dengan LM asli.

“Ya, sudah ada LM palsu yang sudah beredar di pasaran, tapi yang saya ketahui baru di sekitaran pulau Jawa, kalau untuk di Sumatera sendiri saya belum dengar,” katanya kepada Kabar Sumatera, Kamis (5/2).

Emas merupakan barang mewah yang selalu jadi incaran masyarakat. Terutama di kalangan kaum ibu-ibu, tapi saat ini kiranya harus lebih waspada karena LM palsu sudah mulai beredar.

Terkait pemberitaan banyaknya logam mulia palsu yang sudah beredar di luar Palembang tepatnya di daerah Pasuruan Jawa Timur, yang konsumen dan penjualnya sudah banyak tertipu hingga ratusan juta rupiah.

Ucap Maman, jika untuk mengetahui LM palsu dengan yang asli secara kasat mata tidak bisa dibedakan, dari bentuknya pun LM palsu dan asli juga tampak sama. Tapi, LM palsu bisa di bedakan apabila ada pembanding dari LM yang asli, seperti dari ukuran, kode emas hingga sertifikatnya.

“Saat ini banyak masyarakat yang belum mengerti dengan persoalan seperti ini, dan kebanyakan masyarakat mudah sekali tertipu. LM yang palsu itu campuran dari kadar logam biasa. Jadi untuk masyarakat harus sanagt berhati-hati, dan jangan mudah tergiur dengan harga yang murah dari harga pasaran,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi agar LM palsu, pihaknya akan selalu memberikan sosialiasai kepada masyarakat tentang emas itu sendiri dan setiap masyarakat yang akan menggadaikan emasnya akan di cek terlebih dahulu, apabila Pegadaian tahu bahwa mas tersebut palsu, pihak penggadaian akan menindak lajuti secara hukum.

“Yang tau dengan yang pura-pura tidak tau itu imbang dan apabila terbukti palsu dan penggadai tahu, itu akan langsug kita pidanakan, karena kita sudah bekerja sama dengan pihak kepolisian, tapi untuk jumlah yang besar, tapi kalu untuk jumlah kecil biasanya kita hanya memberi tahu saja bahwa emas yang akan di gadai palsu,” tukasnya.

 

TEKS       : YUNI DANIATI

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster