Dinkes : Fogging Efektif Basmi Nyamuk

 244 total views,  6 views today

PALEMBANG – Kabar yang menyebutkan bahwa, pemberantasan nyamuk dengan dengan cara pengasapan atau fogging tidak efektif, di bantah keras pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang.

Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK), Dinkes Palembang Afrimelda mengatakan, nyamuk aedes aegypti akan mati, apabila cara pengasapan dilakukan dengan baik. Artinya fogging itu merupakan salah satu solusi, untuk membasmi nyamuk yang menyebabkan Demam Berdarah Degue (DBD).

“Kalau nyamuknya hanya pingsan ketika di semprot, bisa dipastikan cara melakukan fogging nya tidak benar,”ungkapnya, saat dihubungi, Kamis (5/2).

Afrimelda menyebutkan, selama ini, cara pengasapan dinilai yang paling efektif untuk membasmi nyamuk aedes aegypti. Karena, didalam asap yang disemprotkan itu menggunakan insektisida.

“Cara yang baik dalam melakukan fogging adalah, dilaksanakan pukul 07.00-13.00 WIB, arah semprotan kebawah bukan keatas, semprotan merata, dan lainnya. Kalau fogging dilakukan dengan benar nyamuk pasti mati, sementara untuk jentik nyamuk tidak bisa mati,”sebutnya.

Selain itu, sambung Afrimelda, pihaknya menghimbau, masyarakat jangan terlalu sering menggunakan lotion anti nyamuk. Pasalnya, apabila penggunaan terlalu banyak bisa berbahaya bagi kesehatan.

“Namanya zat kimia, dioleskan ke badan. Yah pasti berefek, apalagi penggunaan berlebihan. Karena, tidak semua orang kuat memakai lotion,”bebernya.

Afrimelda menambahkan, cara yang paling baik agar nyamuk tidak berkembangbiak adalah menjalankan cara Mengubur, Menutup dan Menguras (3M).

“Intinya kebersihan harus tetap dijaga, yakni melakukan 3M ditambah pelihara ikan tempalo didalam bak mandi,”tutupnya.

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster