Amankan Wilayah Perairan Sumsel, TNI AL Bangun Satu Pos Tambahan

 195 total views,  2 views today

TNI AL | Ist

TNI AL | Ist

PALEMBANG – Demi mengamankan wilayah perairan Sumatera Selatan (Sumsel), Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) akan menambah satu pos keamanan di pelabuhan TAA. Hal itu diungkapkan langsung oleh Danlanal Palembang, Kolonel Laut (P) Erwin S Aldedharma saat diwawancarai usai bersilaturahmi dengan Gubernur Sumsel, Kamis (5/2).

Erwin menyebutkan, Sumsel termasuk wilayah degan daerah maritim atau mempunyai wilayah perairan yang luas dan erat kaitannya dengan kegiatan pengamanan TNI AL. Oleh karena itu, ia berkunjung ke Pemprov untuk berdialog dengan Gubernur membahas kerjasama sektor pemerintah dan TNI.

“Saya berkunjung ke sini menemui pak gubernur. Bahasannya tidak terlalu banyak, kita bekerjasama dalam sektor pengamanan wilayah perairan Sumsel, seperti di Kawasan TAA yang saat ini sedang dalam pengembangan oleh pihak Pemprov,” sampainya.

Pelabuhan yang berada di TAA sangat berkaitan dengan nuansa perairan dan kelautan. Sehingga keberadaan dan peran TNI AL pasti menonjol, yaitu mengamankan wilayah tersebut dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita akan segera mendirikan pos pengamanan di dekat pelabuhan itu, dengan menugaskan beberapa personel dari Lanal Palembang yang bertujuan untuk menjaga wilayah itu. Selain di sana, kita juga akan menambah pos-pos lain tentunya di daerah perairan yang mempunyai potensi pariwisata dan ekonomi,” ungkap Erwin.

Ia menambahkan bahwa saat ini, jumlah personel yang ada di Lanal Palembang terdapat sebanyak 250 personel yang tersebar di dua Provinsi yakni Sumsel dan Jambi. Sedangkan jumlah pos pengamanan yang dimiliki sampai saat ini, sebanyak 18 pos yang juga tersebar di wilayah perairan Sumsel dan Jambi.

Ditanya mengenai situasi keamanan perairan di wilayah Sumsel, Kolonel Laut (P) Erwin S Aldedharma mengatakan, selama tiga minggu menjabat sebagai Danlanal Palembang, secara umum situasi keamanan perairan di Sumsel cukup kondusif, dengan barometer dari pemberitaan yang ada di media tentang kegiatan ilegal di perairan Sumsel sangat jarang.

“Walaupun situasinya kondusif, akan tetapi kita tidak mau lengah begitu saja. Karena kita akan tetap mempertahankan kondisi yang saat ini sudah baik agar seluruh wilayah perairan Sumsel tetap aman dan terjaga dari oknum yang melakukan pelanggaran hukum melalui jalur air dan laut,” ucapnya.

Sementara, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, dirinya menerima dan mendorong dengan baik langkah yang akan dilaksanakan oleh Lanal Palembang. Pasalnya, daerah perairan itu sangat rawan untuk dijadikan sebagai lokasi transaksi barang-barang ilegal dan segala macamnya.

“Kita siap bekerjasama dengan TNI AL yang bertugas menjaga keamanan daerah perairan bukan hanya di Sumsel, melainkan di semua wilayah-wilayah perairan nusantara,” pungkasnya.

 

TEKS       : IMAM MAHFUZ

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 


TAG



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster