Ternyata Hutan di OKU Selatan Miliki Potensi Madu Hutan Asli

 729 total views,  2 views today

Ilustrasi Madu | Ist

Ilustrasi Madu | Ist

Oku Selatan – Selain terdapat berbagai jenis kayu – kayu berkelas seperti cempaka, tembesu, Bayur, Mahoni, Medang, Meranti dan berbagai jenis kayu lainnya. Ternyata Hutan Kabupaten Ogan Kimering Ulu (OKU) Selatan berpotensi madu hutan asli yang hasil hutan bukan dari penangkaran lebah madu.

Adanya madu asli seperti ini sehingga melengkapi kekayaan Bumi Serasan Seandanan, mampu menyaingi daerah lain yang memiliki potensi penghasil madu.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten OKU Selatan, Hasan Basri, melalui Kabid Rehabilitasi hutan, Mawardi menjelaskan, hutan Kabupaten OKU Selatan ini tak hanya memiliki berbagai jenis kayu-kayu berkelas namun di dalam hutan itu juga terkandung madu-madu yang dihasilkan lebah-lebah liar.

“Karena Keasliannya banyak sekali kandungan manfaat bagi tubuh manusioa apabila mengkonsumsi madu berjenis ini,” ujar Mawardi.

Untuk memperkenalkan madu asli dari Kabupaten OKU Selatan ini, pihak Dinas Kehutanan dan Perkebunan telah melakukan promosi kepada masayarakat, baik masyarakat lokal maupun luar kabupaten. Diataranya dengan mengikut sertakan madu ini pada even-even pameran yang diselenggarakan provinsi maupun nasional.

Mawardi mencontohkan, madu ini juga telah dipamerkan pada stan acara gebyar Hari Ulang tahun OKU Selatan ke-11 lalu. Dan sambutan masyarakat sangat antusias dengan madu jenis ini.

Madu Mekarsari yang merupakan madu yang diperoleh dan ditampung dari beberapa penyalang di beberapa tempat, diantaranya Gunung Cahya dan Pelawi di Kecamatan Buay Rawan dan Mehanggin, Kecamatan Muaradua.

Untuk diketahui Kabupaten OKU Selatan ini sangat berpotensi besar akan produksi madu sialang, dikarenakan daerah Kabupaten Oku Selatan ini pada umumnya memilki wilayah hutan yang cukup luas.

“Tapi masih di butuhkan usaha yang lebih bijak untuk memperoleh hasil madu yang berkualitas,” katanya.

Madu yang berkualitas diantaranya madu asli yang diberi perlakuan khusus yakni pemanasan dengan tujuan untuk membersihkan kotoran yang ada dan bagi yang beralergi terhadap hasil lebah madu dengan proses ini tidak menimbulkan alergi.

Beberapa kelebihan madu diantaranya adalah merupakan suplemen makanan yang baik, mengandung elemen-elemen penting untuk membentuk darah baru, dapat menyebabkan tidur nyenyak, dapat meningkatkan vitalitas dan stabilitas tubuh, dapat meningkatkan kecerdasan dan memiliki khasiat untuk berbagai penyakit.

 

TEKS            : FITRI

EDITOR        : FJ ADJONG





One thought on “Ternyata Hutan di OKU Selatan Miliki Potensi Madu Hutan Asli

  1. twenty oktavia

    Sejak penyakit HIV-AIDS kali pertama ditemukan di Indonesia pada 1987 di Bali, hingga saat ini, persebarannya menunjukkan peningkatan yang signifikan. Tercatat, sebanyak 336 kabupaten/kota di antara 498 kabupaten/kota di Indonesia telah tersebar HIV-AIDS. Potensi madu ternyata dapat menangani penyakit HIV/AIDS. Yuk, simak penjelasan langsung di link berikut ya, terimakasih : http://news.unair.ac.id/2017/12/14/potensi-madu-terhadap-penanganan-hiv-aids/

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster