Terkait Putusan MA, DPRD Palembang di Somasi

 237 total views,  2 views today

PALEMBANG – Untuk kesekian kalinya, puluhan massa yang tergabung dalam Gerakan Aksi Mahasiswa Sriwijaya (Gams) dan Forum Masyarakat (Formas) Menuntut Hak dan Keadilan, Rabu (4/2) geruduk kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang. Mereka mendesak agar DPRD Palembang segera mengeksekusi putusan Mahkamah Agung (MA) RI Nomor 04P/KHS/2014 terkait pemberhentian Wali Kota dan wakilnya.

Ketua Formas Menuntut Hak dan Keadilan, Faridal Rizak mengatakan, DPRD Palembang telah ingkar janji, karena tuntutan yang disampaikan pihaknya selama ini tidak pernah di tindaklanjuti. Ia menganggap, dewan tidak paham terkait terbitnya putusan MA tersebut.

“Sudah puluhan kali kami lakukan aksi demo, tapi tidak ada satupun bukti nyata kerja mereka (dewan), dewan ini tidak paham tugas mereka,”ungkapnya disela-sela aksi.

Sambung Rizal, seharunya dewan tidak perlu ragu untuk mengeksekusi putusan MA itu, pasalnya putusan itu dikeluarkan sudah sesuai landasan hukum dan peraturan perundang-undangan.

“Kami sangat kecewa dengan kinerja dewan ini, kami mendesak agar DPRD Palembang segera mengeksekusi putusan MA Nomor 04P/KHS/2014 dalam waktu 2×24 jam,”tegasnya.

Sekretaris Formas Menuntut Hak Keadilan, Abror mengatakan, pihaknya sudah layangkan somasi kepada DPRD Palembang, agar segera melaksanakan perintah Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 pasal 80 jo pasal 154 ayat 1, tentang putusan MA.

“Kami mendesak agar DPRD Palembang agar lebih mengedepankan kepentingan rakyat, dengan cara mengeksekusi putusan MA,” katanya.

Sementara itu, ketua presedium Gerakan Aksi Mahasiswa Sriwijaya, Paser Paribu menegaskan, apabila DPRD Palembang tidak menjalankan putusan MA dalam waktu 2×24 jam. Ia mengancam akan menduduki kantor DPRD Palembang secara permanen. Hingga putusan itu dilaksanakan.

“Massa yang akan kami bawa lebih banyak. Kami juga akan laporkan pimpinan dewan kepada Badan Kehormatan,”ancamnya.

Berdasarkan pantauan Kabar Sumatera, aksi tersebut dimulai pukul 10.00 dan berkahir pukul 11.30 WIB. Namun, aksi tersebut tidak ditanggapi dewan, pasalnya saat ini dewan sedang melakukan reses ke pulau Jawa yakni Jakarta dan Surabaya.

“Dewan sekarang sedang reses. Tapi, tuntutan massa dan somasi yang dilayangkan, akan kami sampaikan kepada pimpinan dewan,”ungkap, staf humas DPRD Palembang Reflita, saat menemui pendemo.

 

TEKS        : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster