PNS Harus Laporkan Harta Kekayaan

 253 total views,  2 views today

LUBUKLINGGAU – Seluruh aparatur Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkungan Pemerintah Kota Lubuklinggau siap-siap melengkapi data laporan kekayaan,sebab dalam waktu dekat regulasi ini akan segera direalisasikan.

Ketetapan ini dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPan RB) Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN).

Di dalam SE tersebut disebutkan seluruh aparatur pemerintah eselon I, II, III, IV, V dan staf honor wajib melaporkan harta kekayaanya.

Peraturan baru ini mau tidak mau atau suka tidak suka harus dilaksanakan oleh pemerintah,sebab Kemenpan RB telah mengeluarkan regulasi berupa SE kepada masing-masing pemerintah daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD),H Ikhsan Roni, melalui Kepala Bidang Pembinaan Pegawai, Zainal Syamsi, saat dibincangi Kabar Sumatera, di ruang kerjanya kemarin menyatakan regulasi yang dikeluarkan KemenPan RB harus dilaksanakan seluruh aparatur pemerintah daerah.

“Kita siap melaksanakanya,karena peraturan itu mengikat seluruhnya, tapi kita tunggu dulu bagaimana format laporanya dan seperti apa form laporanya,” ujarnya.

Karena, lanjut dia, BKD Lubuklinggau meski sudah tahu adanya aturan baru tersebut, tapi belum mendapat petunjuk teknis mengenai ketentuan-ketentuan pelaporan harta kekayaan aparatur sipil negara.

“Masih menunggu petunjuk yang jelas, tapi memang harus kita laksanakan, hari ini juga segera kita donwload SE tersebut. Supaya kita tahu maksud peraturan tersebut,” janjinya.

Sementara itu, Wakil Walikota, H Sulaiman Kohar, menerangkan peraturan tersebut desas-desusnya memang sudah ada dari Pemerintah Provinsi Sumsel atau Gubernur, sebagai tindaklanjut SE KemenPan RB

Terpisah,menanggapi hal ini,Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe,kepada Kabar Sumatera, kemarin menegaskan, jika hal tersebut sudah mempunyai payung hukum seperti SE menteri, harus dilaksanakan oleh seluruh aparatur sipil negara.

“Kita siap melaksanakanya, kalau saya sudah dari dulu sudah melaporkan harta kekayaan, nah sekarang kalau aturanya sudah ada wajib kita laksanakan sebagai aparatur negara yang baik,” kata Nanan.

 

TEKS      : SRI PRADES

EDITOR  : FJ ADJONG

 


TAG



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster