Menyoal Tapal Batas Palembang-Banyuasin

 1,833 total views,  2 views today

PALEMBANG – Terkait kasus tapal batas antara Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin, DPRD Sumsel menghendaki masalah tersebut selesai oleh mereka saja. Dan menghimbau kedepan agar pihak Pemerintah provinsi (Pemrov) dapat menjadi penengah dengan juga mesti memiliki titik koordinat wilayah masing masing. Sehingga jika kedepan masih terjadi masalah maka Pemrov punya dasar kebenaran dengan titik koordinat tersebut.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumsel, Husni Thamrin mengatakan meski pihak DPRD Kota Palembang sudah menyerahkan dengan komisi. Namun, Pemrov Sumsel dalam hal ini harus punya tanggung jawab tidak bisa tidak.

“Yang terpenting setelah adanya penandaan tempat Provinsi harus juga dapat menandai titik batasan wilayah masing masing daerah ini. Idealnya memang Prov ikut serta,ketika terjadi perselisihan Provinsi bisa mengatasi dengan juta memiliki bukti,” ungkap dia.

“Jangan sampai Provinsi sendiri bingung, harus kemana, hingga harus ukur ulang lagi. Kalau Provinsi punya titik koordinat semua ada bukti. Karena bisa saja tiap titik koordinat masing masing daerah dipindahkan mereka,” tambah Husni Thamrin.

Dilanjutkan politisi Partai Demokrat ini, dirinya mengaku saat ini Biro pemerintahan Provinsi Sumsel infonya tengah menyelesaikan masalah tersebut. Pihaknya juga menghimbau agar permasalahan tapal batas ini diselesaikan dengan limit waktu atau deadline, agar yang bersangkutan benar benar bekerja maksimal.

“Kita akan memantau sejauh mana Provinsi menangani ini. Kami hanya dapat informasi. Harus punya time limit atau dadline, kalau tidak kerja akan lama,” tegas dia.

Sementara itu, Ketua DPRD Palembang, Darmawan mengungkapkan pihaknya melalui Komisi I telah menangani permasalahan tersebut agar segera terselesaikan. Pihaknya juga akan mengkaji lagi permasalahan dan menggelar rapat khusus dengan banyuasin dengan diatur oleh Komisi I DPRD Palembang.” Kalau memang surat surat lengkap mari kita duduk bersama dengan pihak Banyuasin. Mediasi juga akan dilakukan. Titik koordinat akan diukur kembali.

Disinggung jika adanya warga yang ingin tetap berdiam di Palembang meski nantinya terbukti itu wilayah Banyuasin, Darmawan menuturkan pihaknya akan siap mencarikan solusi terbaik untuk warga tersebut.

“Kita akan tetap bertahan apabila bukti lengkap. Apabila adanya konflik warga yang ingin tetap tinggal di Palembang akan dicarikan solusinya,” ujarnya.

 

TEKS         : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster