Terkait Apel Berbakteri, Palembang Masih Aman

31 total views, 3 views today

PALEMBANG – Meskipun di Kota Palembang belum ditemukan apel yang mengandung bakteri Listeria monocytogenes. Namun, masyarakat di himbau tetap waspada.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Palembang, Syahrul Hefni melalui, Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan Konsumen, Disperindagkop Palembang Sintong Maruli mengatakan, semenjak ditemukan apel berbakteri oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag), pihaknya langsung melakukan sidak ke lapangan.

“Sejauh ini belum ada temuan, tapi pemantauan produk jenis apel yakni Granny Smith dan Gala terus kami lakukan,”katanya, Senin (2/2).

Kata Sintong, pihaknya juga telah mengintruksikan kepada pemilik usaha, untuk menarik barang yang menyalahi aturan yang bisa berdampak pada kesehatan manusia.

“Pemilik usaha buah segar, seperti mall-mall, toko buah dan lainnya. Harus segera menarik barang tersebut. Termasuk apel yang mengandung bakteri tersebut, jika ditemukan,”sebutnya.

Sintong mengaku, penarikan makanan maupun buah-buahan berbahaya tersebut, sesuai perintah Menteri Perdagangan. Artinya, tidak sembarangan.

“Kita sudah koordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), belum ada temuan di Palembang,”akunya.

Ungkap Sintong, besok (hari ini), pihaknya bersama Disperindag Provinsi Sumsel, akan melakukan sidak di mall, toko buah dan tempat lainnya, untuk memastikan bahwa buah jenis apel berbakteri tersebut tidak ada di Palembang.

“Jika kita temukan, pastinya langsung dimusnakan,” ulasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang Anton Suwindro mengatakan, kalau makanan atau buah-buahan mengandung bakteri, pasti berbahaya untuk kesehatan manusia.

“Tapi terkait apel impor dari Amerika Serikat dan Afrika yang mengandung bakteri, kami belum menerima laporan dari dinas terkait,” tutupnya.

 

TEKS        : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com