Dua Kecamatan di Palembang ini Bakal Dimekarkan

19 total views, 3 views today

PALEMBANG – Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Edwin Effendi mengatakan, tahun 2015 ini ada dua Kecamatan di Palembang yang akan dimekarkan, yakni Kecamatan Seberang Ulu (SU) I dan Ilir Timur (IT) II.

“Memang rencana pemekaran ini sudah lama, namun adanya moratorium pemekaran Kecamatan dari Pemerintah Pusat. Jadi, sedikit terhambat,” katanya, belum lama ini.

Edwin mengatakan, nama Kecamatan di SU1 yang akan dimekarkan tersebut adalah Kecamatan Jakabaring, sementara di IT II adalah Kecamatan Kuto Gawang.

“Berdasarkan kajian yang kami lakukan, dua Kecamatan itu sudah layak di mekarkan, mengingat semakin tingginya pertumbuhan penduduk,” sebutnya.

Ungkap Edwin, saat ini Kecamatan SU 1 membawahi 10 Kelurahan, setelah Kecamatan Jakabaring diresmikan akan berkurang menjadi 6 Kelurahan. Artinya 4 Kelurahan lainnya di bawah Kecamatan Jakabaring.

“Sementara untuk IT II saat ini membawahi 12 Kelurahan, setelah Kecamatan Kuto Gawang diresmikan berkurang menjadi 7, sisanya 5 dibawah Kecamatan Kuto Gawang,”bebernya.

Edwin menambahkan, pemekaran dua Kecamatan tersebut sudah menjadi program pihaknya tahun 2015 ini.

“Kami sedang persiapkan untuk kantornya,”ujarnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Palembang Bidang Pemerintahan, Shinta Raharja mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan data yang akan diajukan ke DPRD Palembang, Provinsi Sumsel dan Pemerintah Pusat terkait pemekaran Kecamatan tersebut.

“Mudah-mudahan tahun ini semua data yang diperlukan selesai divalidasi, karena target pemekaran kedua kecamatan itu dilakukan tahun ini juga,” katanya.

Ucap Shinta, validasi data akan di lakukan bulan ini meliputi, validasi luas wilayah, jumlah penduduk, potensi wilayah dan lainnya di kedua Kecamatan tersebut.

“Sebenarnya Kecamatan di Palembang banyak yang harus dimekarkan, karena rata-rata Kecamatan membawahi 8-9 Kelurahan, artinya sudah layak. Tapi, prioritas kami saat ini dua Kecamatan dulu,” disampaikannya.

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com