Pj Bupati Muratara : Saya tak Akan Mencalonkan diri dipemilukada

 569 total views,  4 views today

Pose bersama pj bupati dan gubernur Semsel, | Dok KS

Pose bersama pj bupati dan gubernur Semsel, | Dok KS

PALEMBANG  Usai dilantik menjadi Penjabat (Pj) Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel, Jumat (30/1) kemarin, Agus Yudiantoro memastikan bahwa dirinya tetap berkomitmen untuk tidak mencalonkan diri sebagai Bupati Muratara jika memasuki Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) nanti. Hal ini diungkapkan Agus Yudiantoro saat diwawancarai usai pelantikan beberapa hari lalu.

Agus mengatakan, dirinya akan tetap memegang teguh komitmen yang telah disampaikannya kepada Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin.

“Saya telah berkomitmen untuk tidak akan mencalonkan diri sebagai Bupati Muratara kedepannya dan setiap ketemu dengan gubernur saya selalu diwanti-wanti untuk tidak mencalonkan diri,” katanya.

Alasan dirinya berkomitmen untuk tidak mencalonkan diri sebagai Bupati Muratara kedepannya yaitu, untuk menjaga netralitas dan juga untuk memberikan semacam pembelajaran kepada masyarakat bahwa carateker Bupati yang ditunjuk Pemprov Sumsel tidak akan mencalonkan diri menjadi bupati kedepannya.

“Ya, ini untuk menjaga kepercayaan dari masyarakat karena kalau saya yang ditunjuk untuk menjabat Pj Bupati tahu-tahu saya mencalonkan diri menjadi bupati, maka timbul pemikiran di masyarakat bahwa carateker yang ditunjuk oleh Pemprov Sumsel itu ada kepentingan politik. Jadi, ketika nanti ada penunjukkan carateker lagi dari Pemprov Sumsel maka masyarakat akan berpikir carateker yang ditunjuk akan menjadi bupati kedepannya. Nah, hal inilah yang tidak diinginkan oleh Gubernur Sumsel,” jelas Agus.

Agus mengungkapkan, pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati Muratara kedepannya dirinya mempersilahkan siapapun yang ingin maju dan bersaing untuk menjadi orang nomor satu di Kabupaten Muratara nantinya.

“Jadi siapapun yang mau maju ya silahkan, yang jelas saya tidak akan mencalonkan diri,” ungkapnya.

Saat ditanya mengenai roda pemerintahan yang nantinya akan dipimpinnya. Agus menyatakan bahwa dirinya akan menjalankan roda pemerintahan Kabupaten Muratara dengan sebaik-baiknya.

“Untuk menjalankan roda pemerintahan dengan baik ini maka saya akan memakai pejabat yang memang benar-benar bagus atau profesional dalam menjalankan tugasnya. Namun sebelum melakukan pelantikan pejabat eselon II, III dan IV saya harus berkoordinasi dengan Gubernur Sumsel,” ujarnya.

Agus menambahkan, untuk menyerap aspirasi dari masyarakat, pihaknya tidak akan melakukannya secara formal karena karakter dari masyarakat Muratara tidak seperti itu.

“Ya, untuk melakukan pendekatan dan menampung aspirasi dari masyarakat saya akan melakukan pendekatan secara informal seperti mengobrol dengan masyarakat di warung kopi, mengobrol setelah pulang sedekah atau mengobrol setelah pulang dari melayat. Nah hal seperti inilah yang akan saya lakukan,” inginnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noeredin menegaskan bahwa jabatan yang dipegang Agus sekarang bersifat satu tahun terhitung sejak ia dilantik. Dan dirinya (Agus) pun tidak boleh mencalonkan diri jika masuk waktu Pemilukada nantinya.

“Makannya saya pilih orang yang netral dan jauh dari kepentingan unsur dan kepentingan politik. Jika nanti sudah memasuki waktunya pemilihan, silahkan masyarakat sana sendiri yang menginginkan dan melakukannya dengan cara yang sehat dan tidak anarkis,” pungkasnya.

 

TEKS       : IMAM MAHFUZ

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster