Sistem MPN G-2, Lebih Praktis dan Aman

 206 total views,  2 views today

PAGARALAM – Modul Penerimaan Negara Generasi 2 atau disingkat MPN G-2, kini sudah diterbitkan landasan hukumnya, yakni Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 32/PMK.05/2014, tentang sistem penerimaan negara secara elektronik.

Hal itu mengisyaratkan penyetoran pajak oleh wajib pajak tak lagi terhalang oleh jam loket layanan penerimaan Negara kapanpun dapat dilakukan.

“Sejak diberlakukan sistem terintegrasi tersebut (MPN G-2, red), para wajib pajak semakin dimudahkan dalam menyetor pajak dan bebas antre,” kata Sekretaris Daaerah Kota Pagaralam, Drs H Safrudin MSi usai pelaksanaan sosialsasi penerimaan Negara generasi II, kemarin.

Menurutnya, dalam PMK disebutkan, bahwa wajib pajak menyetorkan penerimaan Negara ke BNK/POS persepsi menggunakan kode Billing yang merupakan kode identifikasi yang diterbitkan oleh sistem pembayaran atau setoran yang akan dilakukan wajib pajak. Bisa dikatakan, kode Billing sama dengan kode pembayaran.

“Sistem terintegrasi ini dibangun dengan memanfaatkan teknologi informasi, maka persyaratan yang harus dimilki oleh pengguna layanan adalah akses internet dan akun email. Berbeda dengan sistem lama, sistem MPN G-2 human error dalam hal perekaman data dapat diminimalisir, karena wajib pajak dapat menginput sendiri data pembayaran dan bertanggungjawab atas kelengkapan dan kebenaran data pembayarannya,” kata Safrudin seraya berujar sistem MPN G-2 juga mendukung program Go Green, yakni meminimalisir penggunaan kertas dan sistem MPN G-2 tidak perlu lagi surat setoran (SSP/SSBP/SSPB).

Sementara itu, Pimpinan Bank SumselBabel Kota Pagaralam, H Rizwan Alha mengatakan, kegiatan sosialisasi penerimaan negara generasi kedua atau disingkat MPN G-2 ini dilaksanakan bagi bendahara dan dinilai sangat penting. Apalagi sistem ini sangat menunjang pelaksanaan tugas bendahara menjadi lebih mudah, praktis dan dari sisi keamanaan lebih terjamin.

“Ya, sosialisasi ini dapat lebih bermanfaat sekaligus menambah wawasan kita bagi semua,” singkatnya.

 

TEKS        : ANTONI STEFEN

EDITOR    : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster