Waspada, DBD Mengintai Kita

 175 total views,  2 views today

Ilustrasi Suasana Perumahana di Bantaran Sungai yang rawan dengan Nyamuk

Ilustrasi Suasana Perumahana di Bantaran Sungai yang rawan dengan Nyamuk. | Dok KS

PALEMBANG – Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, jumlah penderita Deman Berdarah Dengue (DBD), di Metropolis hingga 28 Januari 2015 sudah mencapai 24 kasus.

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Palembang Yudi mengatakan, penderita DBD di Palembang tergolong tinggi. Bahkan, pihaknya sudah mengeluarkan surat peringatan waspada terhadap DBD yang disebar di 39 Puskesmas yang ada di Palembang.

“Rumah sakit juga kami edarkan surat peringatan bahaya DBD, sekarang sudah ada 24 kasus DBD,” ungkapnya, saat dihubungi Kamis (29/1).

Yudi menyebutkan, penyebab utama penyakit DBD adalah hujan tinggi semenjak akhir Desember hingga sekarang. Akibatnya banyak genangan air di mana-mana.

“Genangan air, tempat kotor dan lainnya merupakan tempat berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegepty, oleh itu warga harus mengantisipasinya sejak dini, dengan cara menguras, menutu dan mengubur (3 M),”katanya.

Yudi menjelaskan, ciri-ciri pasien menderita DBD adalah, suhu tubuh diatas normal yakni 38 derajat celcius (cc), pucat, keringat dingin dan lainnya.

“Kami sudah beri himbauan kepada puskemas, apabila menemui pasien dengan ciri-ciri tersebut segera diambil tindakan, sehingga tidak terjadi yang tidak diinginkan,”bebernya.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Dinkes Palembang Anton Suwindro mengatakan, daerah rawan DBD di Kota Palembang berada dikawasan Seberang Ulu (SU) seperti, Plaju, SU 1, SU II dan Kertapati.

 

“Kami berharap, warga Kota Palembang dapat meningkatkan kewaspadaan. Budayakanlah hidup sehat, dengan cara 3 M dan mengatur pola makan dengan makanan yang bergizi, untuk meningkatkan kekebalan tubuh,” ujarnya.

 

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 

 


TAG



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster