Muratara akan segera Miliki Bupati baru

13 total views, 3 views today

PALEMBANG – Setelah Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo resmi membubuhkan tandatangannya untuk memilih Pejabat (Pj) Bupati Muratara, atas usulan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin beberapa pekan lalu. Akhirnya hari ini, nama Agus Yudiantoro yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Sumsel resmi dilantik.

Saat dikonfirmasi ulang, Alex sendiri masih merahasiakan nama yang akan dilantik besok (hari ini). Tetapi, dirinya memastikan orang yang menjabat Bupati Muratara itu telah memenuhi semua persyaratan. Serta bebas dari berbagai kepentingan atau golongan.

“Mari sama-sama kita lihat besok  saja ya. Biar jelas siapa yang resmi dilantik, dan yang pasti bukan dari rekan-rekan wartawan,” canda Alex.

Apalagi sebelumnya telah dikabarkan tiga nama yang diusulkan Alex yakni Asisten I bidang Pemerintahan Pemprov Sumsel, Ikhwanuddin, Kepala Biro Otonomi Daerah (Otoda) Pemprov Sumsel, Amsin dan Agus. Ketiganya dipandang pantas karena memiliki latar belakang yang mendukung untuk memimpin Muratara.

Namun, hanya Ikhwanuddin dan Agus yang menyandang Eselon IIA, sedangkan Amin baru Eselon IIB. Penunjukkan Agus memang tidak terlepas dari pengalamannya di bidang kewilayahan, sebab sebelumnya Ia pernah menjabat Kepala Biro Otonomi Daerah (Otoda) dan Asisten I bidang Pemerintahan.

Diketahui tanggal 28 Desember 2014. Alex berujar, pengusulan ketiga nama itu karena tidak akan memihak kepentingan manapun, untuk menghindari gesekan di daerah.

“Itu daerah baru, masih butuh sentuhan-sentuhan dari pejabat dengan inovasi yang baik. Usulan harus putra daerah bukan jamannya lagi. Kalau ada orang dari daerah lain yang berkompeten, kenapa tidak kita pilih,” tegasnya.

Sebelumnya, Agus Yudiantoro saat pernah ditemui di Kantor Pemprov Sumsel beberapa waktu lalu. Ia mengatakan belum mau berkomentar dulu soal pelantikan Pj Bupati Muratara. Sebab, dirinya pun belum mengetahui siapa yang akan dilantik.

“Nantilah, saya belum tahu dan tidak mau berkomentar terlebih dahulu,” tutupnya.

Juga Pejabat Jilid II 2015 Dilantik

Selain melakukan pelantikan terhadap Pj Bupati Musirawasn Utara (Muratara), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel juga melakukan pelantikan pejabat jilid II di tahun 2015 ini.

Alex mengakui, perombakan ini dilakukan untuk menempatkan posisi jabatan yang pas bagi orang-orang tersebut. Pasalnya, jabatan yang diduduki sekarang sudah ada yang pensiun dan memang membutuhkan angin segar di SKPD tersebut.

Banyak PNS-PNS pintar, tutur Alex, yang selama ini menjabat di lingkungan Pemprov Sumsel. Namun kinerjanya tidak maksimal karena mungkin lebih cocok di tempat yang lain.

“Itu yang diutamakan. Banyak orang pintar, tapi mungkin lebih cocok ditempat lain. Semoga semuanya bisa bekerja sesuai anggaran,” kata Alex saat diwawancarai di Griya Agung, kemarin.

Untuk jabatan-jabatan yang masih kosong, lanjut Alex, nanti di mutasi selanjutnya mungkin akan terisi. “Masih ada mutasi kedua, ketiga, dan selanjutnya. Selama dibutuhkan, mutasi akan terus dilakukan,” katanya.

 

TEKS        : IMAM MAHFUZ

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com