Kurang Pengawasan, Proyek di Bumi Besemah “Asal Jadi”

 335 total views,  2 views today

Pelaksanaan proyek Jembatan Air Busuk Kecamatan Pagaralam Selatan, terkesan asal jadi. | Dok KS

Pelaksanaan proyek Jembatan Air Busuk Kecamatan Pagaralam Selatan, terkesan asal jadi. | Dok KS

PAGARALAM – Lemahnya pengawasan saat pelaksanaan pekerjaan berlangsung, membuat pengerjaan sejumlah proyek peningkatan jalan dan jembatan di Bumi Besemah ini terkesan asal jadi.

Seperti kondisi jalan dan jembatan Air Busuk Kecamatan Pagaralam Selatan serta jalan dan jembatan di Dusun Pematang Bangau Kecamatan Pagaralam Utara, banyak terdapat puluhan lobang dengan diameter sekitar 50 cm dengan dalam sekitar 20cm.

Padahal, dua proyek dimaksud telah menyedot anggaran APBD Kota Pagaralam tahun 2015 hingga puluhan miliaran rupiah.

Hendri Ganesha, tokoh masyarakat Kota Pagaralam mengatakan, penyelesaian pengerjaan peningkatan jalan dan jembatan dalam kota dinilai tidak optimal, karena baru selesai dikerjakan akhir tahun 2014 lalu sudah banyak berlobang.

“Ada puluhan titik jalan di Dusun Pematang Bangau hingga Dusun Slibar Kecamatan Pagaralam Utara mengalami kerusakan, mulai dari retak, berlubang hingga mengelupas,” katanya, kemarin (29/1).

Menurutnya, proyek peningkatan jalan dan dalam kota tersebut terkesan asal jadi, mengingat kondisi yang ada sudah banyak yang mengalami kerusakan bahkan ada sekitar puluhan meter dalam kondisi retak dan bergelombang.

“Kami berharap agar Pemerintah Kota Pagaralam dalam hal ini Dinas PUBM untuk menegur pelaksana proyek agar segera memperbaiki kondisi yang ada,” harapnya.

Ditambahkan Ketua LSM Indonesia Publik Service Watch (IPSW) Kota Pagaralam M Helmi HZ, kalau mengamati kondisi kerusakan pengerjaan peningkatan jalan dimaksud seperti menggunakan jenis aspal kasar (ATB), karena masih terlihat jelas kerikil koral yang ada usai dikerjakan.

“Kondisi jalan berlubang maupun bergelombang tersebut sudah pasti akan mempercepat kerusakan yang ada. Diduga pelaksanaan peningkatan jalan dalam kota tidak sesuai dengan perencanaan,” jelasnya seraya menegaskan pihaknya akan selalu monitor terhadap pekerjaan peningkatan jalan dalam kota ini.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum(Kadin PU) Kota Pagaralam, Drs Safrudin MSi melalui Sekretaris, Hariyadi Razak ST MM mengatakan, pihaknya sudah melakukan cross check terhadap kondisi jalan dan jembatan di Dusun Pematang Bangau hingga Slibar Kecamatan Pagaralam Utara dan Jembatan Air Busuk Kecamatan Pagaralam Selatan.

“Kita sudah perintahkan pihak kontraktor agar segera memperbaiki ruas jalan yang mengaami kerusakan,” ujarnya singkat.

 

TEKS            : ANTONI STEFEN

EDITOR         : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster