Alex Noerdin : Nama Baik Saya Garansi Asian Games di Sumsel

 143 total views,  2 views today

Alex Noerdin Gubernur Sumsel | Dok KS

Alex Noerdin Gubernur Sumsel | Dok KS

PALEMBANG – Gubernur Sumsel Alex Noerdin memastikan Jakabaring Sport City (JSC) yang memiliki 18 venues dengan lima di antaranya memenuhi standar internasional telah siap menggelar Asian Games 2018 mendatang. Hal itu diungkapkannya saat memaparkan dihadapan wartawan media cetak dan elektronik yang datang dari Jakarta, di Griya Agung, Kamis (29/1).

Meski sudah memiliki fasilitas olahraga terlengkap dan terintegrasi satu-satunya di Asia, Alex menyebut Sumsel punya rencana besar lain untuk merenovasi dan membangun fasilitas baru. Tak tanggung-tanggung, sejumlah fasilitas ia targetkan selesai di akhir Desember 2016 mendatang sebelum test event Asian Games pada Mei 2017.

“Nama baik saya, Alex Noerdin selaku Gubernur Sumsel pemegang Bintang Mahaputera Utama jadi garansi bahwa Sumsel siap. Mohon maaf kepada Allah, bukan bermaksud sombong karena ketika ditanya garansi saya bisa mengatakan seperti itu untuk meyakinkan bila Sumsel sudah siap jadi tuan rumah,” katanya.

Ia menjelaskan, Sumsel sudah merancang untuk mengembangkan Stadion Gelora Sriwijaya yang dibangun tahun 2004 silam. Kapasitas stadion yang hanya menampun 40 ribu orang akan dikembangkan menjadi 60 ribu orang. Selain itu, Sumsel juga akan membuat stadion baru berkapasitas 20 ribu orang. Melengkapi beberapa stadion yang sudah ada di Kota Palembang seperti Patra Jaya, Kamboja, Bumi Sriwijaya dan Stadion Hatta.

Untuk fasilitas Atletik, Sumsel akan meningkatkan kapasitas dari 2 ribu menjadi 6 ribu orang. Alex menyebut Atletik di JSC semakin menjadi yang terbaik di Asia karena memiliki dua lintasan. Tak cuma atletik tapi venue Shooting Range yang disebut sebagai satu-satunya fasilitas menembak terlengkap di Asia akan diperpanjang dari 30 length menjadi 80 length.

“Kita akan menambah Center Court di fasilitas Tenis, melengkapi delapan lapangan yang siap digunakan dan dibuat untuk 5.000 kursi. Lapangan badminton yang semula hanya empat lintasan akan dibuat delapan, ditambah kapasitas penonton dari yang semula 1.000 menjadi 3.000 tempat duduk,” urai Alex.

Venue untuk polo air yang sudah ada di Lumban Tirta akan ditambah di Aquatic Stadium. Selain kapasitas yang ditingkatkan hingga menjadi 3.300 tempat duduk. Sedangkan Wisma Atlet yang bisa menampung 1.000 direncanakan bertambah hingga 6.000 orang. Dinning Hall atau ruang makan yang bisa melayani 1.500 atlet sekali waktu akan berkembang jadi 2.500 atlet.

“Kita akan membangun beberapa tower untuk penginapan atlet bekerja sama dengan Kementerian Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum. Mereka membangun tower jenis Rusunawa yang sederhana, tapi dengan bantuan Corporate Sosial Responsibilty (CSR) yang didorong Sumsel akan ditambah fasilitas lift, pendingin ruangan dan air panas. Semua dana pembangunan tidak menyerap APBD, melainkan swasta lewat Bangun Guna dan Serah atau Built Operate and Transfer atau BOT,” ucapnya.

Menunjukkan bukti kesiapan menyambut Asian Games 2018, Alex mengatakan Sumsel sudah menyiapkan theme song untuk acara tersebut. Bahkan dalam waktu dekat Sumsel akan membuat sayembara pembuatan theme song Asian Games, melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

 

TEKS       : IMAM MAHFUZ
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster