International Boxing Indonesia President, Indonesia Pasang Target Juara Umum

 358 total views,  2 views today

PALEMBANG – Indonesia mengusung target juara umum pada kejuaraan tinju amatir bertajukyang ke-22. Rencananya, kejuaraan yang yang bakal diikuti oleh 30 negara dari benua Eropa dan Asia tersebut akan berlangsung di Palembang Sport and Convention Centre (PSCC), 9 April mendatang.

“Kejuaraan ini sudah mau yang ke 22, tapi kita Indonesia belum pernah juara umum, padahal kejuaraan ini atas nama presiden Indonesia. Karena itu, pada tahun kita harapkan bisa jadi juara,” kata ketua umum PB Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina), Reza Ali usai pelantikan pengurus Pertina Sumsel masa bakti 2014-2018.

Menurutnya, dari 30 negara peserta ini akan ada sekitar 300 petinju yang turun gelanggang. Indonesia sendiri akan menurunkan sebanyak 36 petinju terbaiknya. “Dari 36 atlet Indonesia ini, tentu kita harapkan banyak dapat medali emas. Kemarin waktu di Tiongkok, ada atlet kita yang meraih emas, kita harapkan di Piala Presiden ini kembali mendapatkan emas,” ujarnya.

Di sisi lain, Reza Ali mengatakan, pembinaan atlet tinju memang belum berjalan maksimal karena masih banyak yang perlu dibenahi. Tidak hanya infrastruktur tapi juga perangkat pertandingan seperti wasit dan hakim. “Tak jarang keributan yang terjadi karena perbedaan pandangan mengenai peraturan peraturan pertandingan,”ungkap dia.

Lebih jauh dikatakan, pihaknya terus berbenah untuk mengembalikan kejayaan cabor tinju, seperti  tahun 1980-1990-an yang sangat berjaya. “Sudah tiga tahun prestasi atlet tinju belum maksimal dan sekarang kembali menggeliat dengan seringnya atlet tinju kami mengikuti uji coba internasional. Termasuk kejuaraan di Tiongkok itu,” urainya.

Reza Ali pun berharap kompetisi-kompetisi harus terjadwal dengan baik dan berkelanjutan. “Keberadaan tinju amatir ini sangat penting. Kalau stagnan maka butuh 10-15 tahun untuk pembentukan atlet. Karena itu, keberadaan daerah untuk menjaring atlet tinju sangat penting,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pertina Sumsel, Saifudin Aswari Riva’i mengatakan, dirinya sangat bangga Sumsel kembali dipercaya untuk menggelar event bertaraf internasional.

“Sumsel patut berbangga bisa mengelar event berkala dunia ini. Semoga melalui kejuaraan ini akan muncul atlet tinju Sumsel dan semakin memasyarakatnya olahraga tinju,” harapnya.

Melalui ajang ini pula, orang nomor wahid di Kabupaten Lahat itu berharap kesempatan petinju untuk mengukur kemampuan dan meningkatkkan jam terbang semakin banyak.

 

 

TEKS         : IQBAL

EDITOR     : JUNAIDI ABDILLAH


TAG



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster