Rawan Kriminal, Warga Muara Belida Minta Dirikan Polsek

 329 total views,  2 views today

MUARAENIM – Seringnya terjadi tindak kejahatan dan kriminalitas, membuat warga di Kecamatan Muara Belida semakin resah. Agar aksi kriminalitas tersebut dapat dikurangi, serta pelakunya segera ditindak, maka warga di Kecamatan Muara Belida mengharapkan segera didirikan Polisi Sektor (Polsek) Muara Belide.

“Kita selalu khawatir akan semakin tingginya tindak kriminalitas di Kecamtan Muara Belide. Kita berharap, Polsek disini segera dibentuk. Kita selaku warga siap menghibahkan tanah untuk pembangunan Polsek Muara Belide,” tutur Kailani, salah seorang tokoh masyarakat Muara Belide kepada Kabar Sumatera kemarin.

Menurut Kailani, selama ini, seluruh desa yang berada di wilayah kecamatan Muara Belida jika ingin berurusan teruatama masalah hukum masih selalu ke Polsek Gelumbang yang memang sebelumnya merupakan pecahan dari Kecamatan Gelumbang.

Sekarang ini, lanjutnya, Pos Polisi (Pos Pol) yang didirikan oleh Polres Muaraenim, belum mampu mengcover aksi kejahatan yang terjadi di wilayah hukum kecamatan Muara Belida yang wilayahnya cukup luas dan perairan. Belum lagi ditambah, jumlah personilnya yang terbatas tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang dilayani.

“Beberapa tahun terakhir sudah beberapa kali terjadi perampokan didalam desa dengan menggunakan senpi. Namun karena polisinya jauh di Gelumbang, sehingga penjahatnya susah ditangkap,” ucap Kailani.

Atas dasar itu, lanjut Kailani, pihaknya bersama masyarakat sepakat siap menghibahkan lahan seluas 10 hektar sebagai persyaratan untuk pembangunan Polsek di Kecamatan Muara Belida.

“Kami sudah laporkan ke Kapolres masalah hibah tanah tersebut, tetapi belum ada jawaban pasti kapan akan dibangun Polsek,” jelas Kailani.

Sementara itu, Kapolres Muaraenim AKBP Nuryanto, membenarkan jika ada warga dari Kecamatan Muara Belida yang meminta dibangunkan Polsek dan telah menyiapkan lahan 10 hektar. Namun karena masalah anggaran, makan kita akan ajukan dulu prosesnya akan dilakukan tim Polda dan Mabes Polri.

“Sebab membangun sebuah Polsek bukan hanya gedung saja, tetapi perlu dukungan personel, sarana dan prasarana dan lainnya,” pungkasnya.

 

TEKS      : SISWANTO

EDITOR  : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster