Puluhan Kepsek di Empat Lawang ‘Digusur’ dari Jabatan

 328 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG – Mutasi besar-besaran kembali terjadi di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Empat Lawang. Kali ini, puluhan kepala sekolah (Kepsek) digusur dari kursi empuk jabatannya.

Tercatat 46 kepsek terdiri dari 36 orang kepsek tingkat Sekolah Dasar (SD), 8 tingkat SMP dan 2 orang kepsek tingkat SMA di copot dari jabatannya. Selain itu ada 8 pengawas sekolah masing-masing 5 pengawas SD dan 3 pengawas SMP juga dimutasi.

“Totalnya 54 orang, terdiri dari kepsek dan pengawas. Mutasi jangan dipolitisir, ini sekedar penyegaran demi memaksimalkan sistem pendidikan di Empat Lawang,” jelas Kepala Disdik Empat Lawang, H Agusni Efendi, kemarin (26/1).

Diakui Agusni, tidak menutup kemungkinan pelantikan dan mutasi mengalami pro dan kontra. Namun hendaknya diambil sisi positif demi kemajuan dunia pendidikan. Nah, bagi kepsek dicopot dari jabatan tetap menjalankan tugas baru, begitu juga yang dilantik harus memiliki visi dan misi jelas dalam membangun kemajuan sekolahnya.

Selain itu imbuh Agusni, kepsek hendaknya kontinu berkordinasi dengan Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) setempat. Jangan langsung ke dinas pendidikan, karena sudah ada jenjang jelas. Terutama kepsek bertugas di daerah cukup jauh dari ibukota Kabupaten. “Tidak ada lagi laporan kurang baik dari UPTD, kepsek harus koordinasi terus. Kalau tidak amanah akan di evaluasi kembali,” tegasnya.

Evaluasi katanya, dilakukan menyeluruh oleh Disdik. Sebab, jabatan kepsek dan pengawas sekolah itu bukan hal mudah. Tetapi sebutnya, akan terasa enak dan mudah jika dilakukan dengan ikhlas dan penuh tanggungjawab. Hal kecil disekolah, contoh WC harus bersih. Hal kecil lainnya kebersihan lingkungan sekitar dan taman sekolah, ini harus jadi perhatian kepsek.

Hal kecil lainnya Agusni menceritakan, ada salah satu sekolah yang lalai mengganti plang atau papan nama sekolah. Misalnya seharusnya SMA Negeri 1 Sikap Dalam. Tapi di plang nama sekolah masih tertera SMA Negeri 2 Kecamatan Ulu Musi.

“Nah contoh seperti ini harusnya jadi perhatian kepsek, jangan ada kesan pembiaran padahal dana sekolah kan ada. Mari sama-sama kita bangun pendidikan di Empat Lawang, lupakan pelantikan hari ini dan mulailah bekerja sesuai tupoksinya,” tukas Agusni sembari menambahkan, mutasi ini dilakukan sebagai penyegaran dan hasil evaluasi sekaligus untuk pengisian jabatan dan roling antar sekolah.

 

TEKS       : SAUKANI

EDITOR   : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster