Dinas PUBM dan PSDA Gelontorkan Rp 90 Miliar untuk Jalan Rusak

 228 total views,  2 views today

Kondisi Jalan Rusak yang ada di Satu ruas jalan kota Palemabang. | Foto : Ferry Hotman

Kondisi Jalan Rusak yang ada di Satu ruas jalan kota Palemabang. | Foto : Ferry Hotman

PALEMBANG – Tahun 2015 ini, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PUBM dan PSDA) Palembang, anggarkan dana sebesar Rp 90 miliar untuk perbaikan jalan yang tersebar di 16 Kecamatan di Metropolis.

Kepala Dinas PUBM dan PSDA Palembang, Darma Budhy mengatakan, dana tersebut merupakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang tahun 2015. Angka tersebut meningkat Rp 20 miliar dibandingkan Tahun 2014 lalu yang hanya Rp 70 miliar.

“Dana itu ditujukan untuk 300 kegiatan dengan panjang 81 ribu meter, sementara Kecamatan yang paling banyak mendapatkan alokasi dana tersebut adalah Sukarame dan Alang-Alang Lebar (AAL), karena memang ruas jalannya banyak, dan kondisi jalan banyak rusak,” ungkapnya, Selasa (27/1).

Selain dua Kecamatan tersebut, yang menjadi prioritas perbaikan jalan adalah daerah pinggiran, Sukarame, Sematang Borang, Tegal Binangun Jakabaring dan lainnya.

“Di daerah itu merupakan kawasan pengembangan, baik perumahan, rumah toko (ruko) dan lainnya, mudah-mudahan tahun 2015 ini sudah baik semua,”katanya.

Budhy mengaku, salah satu penyebab kerusakan jalan adalah, banyaknya mobil bertonase besar melintasi jalan-jalan. Seperti truk pengangkut pasir, tanah dan lainnya.

“Belum lagi hujan dengan intensitas tinggi, yang menyebabkan jalan tergenang, hal itu mempercepat kerusakan jalan,”akunya.

Ujar Budhy, untuk perbaikan jalan tersebut, pihaknya akan menggunakan cor beton. Untuk meningkat ketahanan jalan.

“Hasil survei yang kami lakukan, sebanyak 76 persen jalan di Palembang harus diperbaiki, sementara sisa 24 persennya sudah dalam keadaan baik,”tutupnya.

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster