Angka Kehilangan e-KTP Melambung

 348 total views,  2 views today

PALEMBANG – Berdasarkan catatan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Palembang, jumlah e-KTP yang hilang, sampai pekan ketiga Januari 2015 ini sudah mencapai 7.000 lebih.

Kepala Disdukcapil Palembang, M Ali Subri mengatakan, angka kehilangan e-KTP di Metropolis terbilang tinggi, dengan alasan beragam, mulai dari kecopetan dan lainnya.

“Biasanya e-KTP itu kan diletakkan di dompet, tapi karena kecopetan, ya e-KTP nya ikut hilang,” ungkapnya, Minggu (25/1).

Ali menyebutkan, bagi warga Metropolis yang kehilangan e-KTP harus lebih bersabar. Pasalnya, untuk pencetakan masih di prioritaskan bagi warga yang belum mendapatkan e-KTP dahulu.

“Setelah semua e-KTP penduduk Kota Palembang sudah tersalurkan, barulah akan dicetak e-KTP yang hilang,”sebutnya.

Sambung Ali, bagi warga yang kehilangan e-KTP diharapkan segera melapor kepada pihak Kepolisian, kemudian ke Kecamatan untuk dibuatkan KTP sementara. Sehingga, apabila ada keperluan yang memerlukan KTP, warga tidak kesulitan.

“KTP sementara juga berlaku, jadi tidak perlu khawatir. Karena, pencetakan e-KTP yang hilang belum bisa dipastikan waktu pencetakannya,”ujarnya.

Ali mengaku, mesin cetak yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sebanyak dua unit. dengan kemampuan pencetakan e-KTP masing-masing mesin sebanyak 100 lembar e-KTP setiap hari.

“Jadi, pencetakan e-KTP setiap harinya lebih kurang 200 lembar. Namun, sering juga terganggu jaringan. Karena, pencetakan di setiap daerah terkoneksi ke pusat,”akunya.

Ali berharap, kedepan warga Metropolis dapat lebih berhati-hati, sehingga angka kehilangan e-KTP dapat ditekan sekecil mungkin.

“Tingkatkan kewaspadaan, jangan sembarangan meletakkan e-KTP. Bila perlu, e-KTP diletakkan ditempat khusus, artinya tidak tergabung dalam dompet,” tutupnya.

 

TEKS     : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster