PNS Pemprov Sumsel akan di Tes Urine

 321 total views,  2 views today

Ilustrasi PNS | Dok KS

Ilustrasi PNS | Dok KS

PALEMBANG – Melihat kondisi penyebaran narkoba yang sudah masuk ke semua sektor. Membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel akan melakukan inspeksi mendadak (sidak), terhadap semua pegawai yang ada di lingkungannya.

“Itu pasti, dalam waktu dekat akan kita lakukan sidak bekerjasama dengan pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Kepolisian. Para pegawai akan dikumpulkan dan dites urine-nya masing-masing. Dan untuk infonya, kita belum mau kasih tahu dulu,” tegas Mukti di kantornya, Kamis (22/1).

Kegiatan itu dilakukan guna mengetahui apakah PNS di lingkungan Pemprov Sumsel menggunakan narkoba atau tidak. Mukti menjelaskan, di Pemprov Sumsel ada sekitar 7.000 orang PNS, sehingga untuk mengetahui kualitas PNS dilakukan sidak narkoba itu bekerjasama dengan pihak terkait.

“Nanti akan ada. Yang jelas pelaksanaannya dilakukan di tiap SKPD. Bisa saja nanti bergantian, karena PNS kita sangat banyak,” tutur Mukti.

Senada dengan Sekda, Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, H Ishak Mekki pun menegaskan akan ada sidak narkoba tersebut. Diakuinya, narkoba saat ini sudah banyak menyebar dan bisa saja ada indikasinya juga masuk di lingkungan Pemprov Sumsel.

“Saat akan masuk menjadi PNS, semuanya sudah diperiksa. Kita sudah lakukan tes urine. Namun kita juga akan lakukan sidak dalam waktu kedepan,” terangnya.

Pelaksanaannya nanti, kata dia, dilakukan per SKPD. Sidak itu merupakan komitmen Pemprov Sumsel untuk bisa mengetahui dan mengenali kualitas PNS.

“Jika nanti ada PNS yang terbukti positif menggunakan narkoba dari hasil tes urine itu maka akan kita sanksi,” ujarnya.

Sanksinya berupa hukuman, bisa saja penurunan pangkat hingga tindakan tegas lainnya.

“Jika perlu, kita akan berikan rehabilitasi. Yang jelas sidak ini dilakukan sewaktu-waktu,” tegasnya.

Sementara, salah satu PNS Pemprov Sumsel yang tidak mau menyebutkan namanya ini, mengaku langkah yang diambil atasannya tersebut sangat baik dan dirinya pun mendukung jika harus ada tes urine bagi tiap pegawai.

“Saya mendukung hal tersebut, karena memang semua orang harus terlepas dari barang haram itu,” pungkasnya.

TEKS:IMAM MAHFUZ
EDITOR:RINALDI SYAHRIL


TAG



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster