Jalan Menuju Kantor Camat Mesuji Makmur Rusak Parah

 1,784 total views,  2 views today

Jalan arah menuju ke Kantor Camat Mesuji Makmur yang kondisinya rusak parah. | Dok KS

Jalan arah menuju ke Kantor Camat Mesuji Makmur yang kondisinya rusak parah. | Dok KS

KAYUAGUNG – Jalan utama menuju Kantor Camat Mesuji Makmur, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). kondisinya rusak parah. Selain memang rendahnya kualitas jalan, kerusakan kian parah karena setiap hari jalan ini dilalui banyak truk sarat muatan.

Pantauan di lapangan, Kamis (22/1),  panjangnya jalan yang rusak ini  kurang lebih 5 kilometer dan lebar 4 meter dari simpang Jalintim, Desa Dabukrejo, Desa Sumber Mulya dan Desa Tegal Sari. Kerusakan membentuk banyak kubangan dengan kedalaman antara 20 hingga 40 sentimeter.

Rohali (30) warga Desa Sumber Mulya kemarin mengatakan, jalan menuju kantor kecamatan itu merupakan urat nadi bagi warga di sana. Apalagi jalan ini juga sebagai akses menuju Kecamatan Belitang II dan Belitang III Kabupaten OKU Timur.

“Hampir seluruh jalan desa di Mesuji Makmur rusak semua, tapi yang paling parah jalan menuju kantor camat ini. Parahnya mulai musim hujan beberapa bulan lalu, warga sudah melakukan upaya swadaya dengan menimbun jalan yang berkubang,” jelas warga asal Pulau Jawa yang sudah puluhan tahun bermukim di desa itu.

Dampak dari kerusakan jalan tersebut sambungnya, kondisi jalan menjadi licin sehingga sulit dilalui kendaraan. Kerusakan jalan ini bukan kali pertama namun sudah menjadi musiman. Untuk jalan di Desa Sumber Mulya sudah pernah dilakukan pengerasan, tapi kini rusak lagi.

Sedangkan Johan Febri Fadilah SIP Msi, selaku Sekretaris Kecamatan Mesuji Makmur kemarin siang membenarkan, jika ada jalan di beberapa desa di wilayahnya yang kondisinya rusak sedang dan rusak parah.

Ia mengimbau warga untuk bersabar karena perbaikan jalan di OKI dilakukan berdasarkan skala prioritas.

“Bahkan jalan di Desa Tegal Sari sudah pernah diaspal, namun karena sering dilewati truk jadinya rusak lagi. Bahkan kadang ada truk tronton lewat membawa material bangunan,” tambah Sekretaris Camat sembari mengatakan bahkan ada jalan yang mulai longsor, jalan itu berada di dekat jembatan di sana.

Kerusakan jalan di Kabupaten OKI bukan hanya terjadi di Kecamatan Lempuing dan Mesuji Makmur saja. Jalan poros dari Kecamatan Pangkalan Lampam menuju Kecamatan Tulung Selapan saat ini kondisinya juga rusak parah, bahkan mirip kubangan kerbau.

Sebelumnya, Bupati OKI Iskandar SE menjelaskan, Pemkab OKI menganggarkan dana kurang lebih 200 milyar untuk bidang infrastruktur di kabupaten ini. Namun jumlah uang ratusan milyar itu menurutnya masih minim karena tidak sebanding dengan banyaknya jalan yang rusak.

Bahkan bupati merincikan, dari total 1 864 kilometer panjang jalan milik Pemkab OKI,  jalan yang rusak mencapai kurang lebih 1 420 kilometer atau jika dipersentasekan sekitar 80 persen jalan yang rusak. Jumlah ini belum termasuk kerusakan jalan milik Pemprov Sumsel sekitar 30 kilometer.

 

TEKS       : DONI AFRIANSYAH.

EDITOR   : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster