Bangunan Poskesdes di SP Padang Terbengkalai

 523 total views,  2 views today

Bangunan Poskesdes yang tak selesai pengerjaannya di Terusan Menang, SP Padang. | Foto : Dony Afriansyah

Bangunan Poskesdes yang tak selesai pengerjaannya di Terusan Menang, SP Padang. | Foto : Dony Afriansyah

KAYUAGUNG – Bangunan Poskesdes di Desa Terusan Menang, Kecamatan SP Padang, Kabupaten OKI kondisinya terbengkalai, karena proyek bangunan sarana kesehatan yang dikerjakan tahun 2014 itu tidak selesai. Akibatnya, tidak bisa difungsikan sesuai kegunaannya.

Pihak pelaksana dinilai dalam mengerjakan proyek bangunan itu tidak mengacu pada perencanaaan tepat. Sehingga dana proyek yang menghabiskan ratusan juta lebih itu tidak selesai.

Pantauan Kabar Sumatera, di lokasi kemarin, tampak bangunan Poskesdes itu, saat ini barus selesai lantai saja yang dicor semen. Sementara dinding dan atas serta lainnya belum selesai. Bila kondisi ini tidak ada dana bantuan lagi, otomatis proyek tersebut mubazir.

“Kalau memang itu proyek menggunakan PNPM mengapa dibangunkan Poskesdes, kan bisa dibangunkan yang lain. Soalnya kalau mau bangun Poskesdes bisa ngusul ke Dinas Kesehatan, itu kan ada pos anggarannya.” ujar Yanto warga SP Padang.

Bangunan yang berdiri di atas lahan rawa itu, sampai saat ini pengerjaannya terhenti. Kemungkinan karena dananya telah habis. Sementara pengamatan di lapangan tidak ada tanda-tanda apakah pengerjaanya akan dilanjutkan.

Kepala Dinas Kesehatan OKI, HM Lubis SKM MKes, melalui Kabid Bina Program, Iwan Setiawan, dikonfirmasi mengenai proyek Poskesdes yang tidak selesai itu, mengatakan, proyek itu bukan bersumber dari dinasnya, melainkan dari dana pusat melalui PNPM Mandiri Pedesaan.

“Kalau itu bukan tanggung jawab kita, itu dananya bersumber dari PNPM.”ujar Iwan.

 

TEKS       : DONI AFRIANSYAH.

EDITOR   : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster