Pemkab Muara Enim Bentuk Satgas Tertibkan Tambang Ilegal

 225 total views,  2 views today

MUARAENIM – Guna menghentikan aktivitas penambangan batubara ilegal yang dilakukan warga di Kecamatan Lawang Kidul dan Tanjung Agung, Pemkab Muaraenim bersama unsur muspida akan segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) dalam menertibkan tambang ilegal tersebut.

“Satgas akan segera terbentuk. Jadi, kita tidak akan mentolerir lagi aktifitas penambangan batubara ilegal. Kita akan melakukan tindakan tegas terhadap aktifitas tersebut,” tutur Bupati Muaraenim, Ir H Muzakir Sai Sohar, kemarin (21/1).

Muzakir mengimbau, agar warga pemilik lahan dan penambang untuk segera menghentikan aktivitas penambangan batubara ilegal yang selama ini mereka lakukan. Karena dampak negatifnya sangat besar terhadap kerusakan dan pencemaran lingkungan serta bencana alam.

“Nanti, kita akan panggil para pemilik lahan untuk diberikan pemahaman mengenai bahaya tambang ilegal. Dan, kita upayakan solusi terbaik kepada para penambang setelah mereka meninggalkan pekerjaannya tersebut,” terangnya.

Apabila penambang ada warga dari luar daerah Kabupaten Muaraenim, maka akan disuruh pulang ke tempat asalnya.

“Intinya, pihaknya akan tegas menindak, jika masih ada warga yang melakukan penambangan ilegal,” pungkasnya.

Hal senada juga dituturkan Kapolres Muaraenim, AKBP Nuryanto, Sik, yang menurutnya. Satgas dibentuk untuk menertibkan penambangan batubara ilegal yang selama ini berjalan.

“Kita apresiasi Asosiasi Tambang Rakyat Daerah Muaraenim (Astrada), yang mau menghimbau anggotanya untuk menghentikan aktifitas penambangan batubara secara ilegal. Penindakan tegas akan kita lakukan, jika mereka masih melakukan aktifitasnya,” ucap Kapolres.

 

TEKS         : SISWANTO

EDITOR     : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster