Satu Liter Bensin Eceran Dijual Rp 8000

 517 total views,  2 views today

Penjual Bensin Eceran. | Dok KS

Penjual Bensin Eceran. | Dok KS

PALEMBANG – Turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium sejak Senin (19/1) langsung diikuti penurunan harga BBM premium di pedagang eceran pinggir jalan. Penjual eceran yang semula menjual bensin Rp 9.000 per liter, kini dijual jadi Rp 8.000 per liter. Penurunan itu upaya menyesuaikan harga baru BBM jenis premium yang semula Rp 7600 per liter menjadi Rp 6600 per liter.

“Belinya kemarin pagi sudah Rp 6.600 per liter. Jadi, sekarang ini harga berubah menjadi Rp 8000 per liter,” kata Maryadi, penjual bensin eceran di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Selasa, (20/1).

Seperti biasanya, setiap pagi, kios bensin eceran milik Maryadi selalu menjadi pilihan pembeli bensin eceran dari pekerja, pengantar anak sekolah, hingga pedagang keliling, karena berada tepat di salah satu pertigaan gang.

Berturunnya harga bensin eceran ini dikabarkan juga terjadi hampir di seluruh kawasan Palembang. Lihatlah di Lemabang, Jalan Kolonel H Burlian, sampai kawasan Jalan RE Martadinata. Johan, penjual bensin eceran di Jalan RE Martadinata kepada Kabar Sumatera, sengaja menurunkan harga minyak bensin eceran untuk mengikuti kebijakan pemerintah yang menurunkan harga BBM. “Ya, turun jugalah. Nanti lari pelanggan kalau gak diturunkan. Kan BBM juga lagi turun,” ucapnya.

Seiring penurunan harga BBM jenis bensin dari harga Rp 7600 menjadi Rp 6600 membawa dampak penjualan harga bensin eceran. Di kawasan 24 Ilir, harga bensin eceran yang ditawarkan lebih murah.

“Harga sekarang Rp 8.000 per liter. Kalau sebelumnya saya jual Rp 9 ribu per liter. Harganya mengikuti penurunan BBM, karena baru hari ini juga saya beli di SPBU,” kata Boy, pedagang bensin eceran, Selasa (20/1).

Ia berujar, penjualan bensin eceran langsung mengikuti harga bensin yang dijual di SPBU. Karena, jika masih menggunakan harga lama, ia takut para pelanggannya tidak mau lagi membeli bensin eceran di tempatnya.

 

TEKS          : ANDI HARYADI/YUNI DANIATI

EDITOR       : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster