Perppu Pilkada Langsung, PKS Awalnya Menolak, Akhirnya Setuju

 180 total views,  2 views today

PALEMBANG – Menanggapi tentang Perppu Pilkada, Partai Kesejahteraan (PKS) Sumsel menyatakan sepakat. Salah satu alasannya dikatakan anggota DPRD Sumsel Fraksi PKS Syaiful Padli, karena setelah melakukan proses penampungan aspirasi, masyarakat Indonesia masih dominan menginginkan Pilkada secara langsung guna memilih pemimpin mereka.

Namun demikian, dibincangi di gedung DPRD Sumsel, Syaiful mengatakan, dukungan PKS terhadap Perppu Pilkada langsung tetap dengan beberapa catatan dan revisi.

“Catatan khusus dari kami (PKS) dalam penetapan calon, penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu. Prosesnya nanti harus benar-benar dari hasil kejujuran bukan dari manipulasi. “Seperti uji publik, kemudian para calon dan penyelenggara tersebut harus benar- benar melewati penyaringan dari bawah dan dilaksanakan dengan jujur. Artinya lebih menekankan pada proses seleksi dan pengawasan yang ketat,” ungkapnya.

Keputusan PKS yang setju dengan Perppu Pilkada dipi;inh secara langsung bukan tanpa proses. Sebab seperti diketahui, PKS sebelumnya termasuk partai yang nyaris setuju pPilkada dilakukan oleh parlemen. “Sebenarnya bukan berarti saat detik terakhir PKS memberikan dukungan itu, tetapi memang PKS melewati proses dan reses menyerap aspirasi masyarakat. Alasannya masyarakat masih menginginkan pemilihan secara langsung dan masih butuh itu maka PKS sepakat dipilih langsung,” tambah Syaiful.

 

TEKS         : ARDHY FITRIANSYAH
EDITOR     : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster