Kapan Harga Sembako Anjlok ?

 329 total views,  2 views today

Ilustrasi Foto Penjual Sembako. | Ferry Hotman

Ilustrasi Foto Penjual Sembako. | Ferry Hotman

Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis premiun dan solar kembali turun. Namun, penurunan ini tidak diikuti harga sembako. Karena harga sembako seperti beras dan telor serta kebutuhan lainnya hingga Selasa (20/1) masih tetap tinggi. Sampai kapankah harga-harga bergerak anjlok?

Salah satu pedagang Toko Klontong di Pasar Muaraenim, Linda (50) mengatakan, turunnya harga BBM tidak akan ada pengaruhnya terhadap harga kebutuhan pokok yang telah naik sebelum pemerintah menaikan harga BBM. Harga Sembako yang masih tinggi di antaranya beras, telor, dan daging ayam.

“Harga beras kemasan cap naga dari Lampung naik menjadi 10.500 per kilo. Sedangkan beras lokal semendo tetap Rp 9 ribu rupiah per kilogram,” ucap Linda.

Untuk telur ayam, katanya kenaikan dari sebelumnya Rp 19 ribu per kilogram kini Rp 21 ribu per kilogram. Begitu juga harga daging ayam potong saat ini mencapai Rp 30 ribu per kilogram. Soal stok barang kebutuhan tersebut saat ini tersedia dan tidak mengalami kekurangan permintaan.

“Namun begitu kenaikan harga sangat mempengaruhi permintaan. Dampaknya adalah penurunan pembelian dari konsumen,”tuturnya.

Dirinya menambahkan, untuk harga sembako sulit untuk turun harganya bila sudah alami kenaikan, tidak seperti harga sayuran. Begitu juga harga BBM turun dua kali sekalipun harga sembako sulit untuk turun, karena memang dari pembelian para pedagang harganya sudah naik.

“Ini akan menyulitkan para pedagang karena di saat harga sembako naik penjualan pun menurun,” tambahnya.

Sementara itu, Dwi (35), salah satu warga Tanjung Enim mengungkapkan, harga premium di SPBU turun menjadi Rp 6600 rupiah per liter, sedangkan jenis solar Rp 6400 rupiah per liter. Ia berharap dengan turunya harga BBM tersebut dapat diikuti dengan penurunan harga-harga kebutuhan pokok di pasar.

“Saya beli bensin di Pom sudah turun. Setelah itu saya ke pasar belanja tetapi harga-harga masih belum turun,” terangnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR          : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster