Diduga Ilegal, Banyak Pekerja Asing yang “kabur” saat ada razia

 285 total views,  2 views today

Lahat – Ratusan tenaga kerja asing yang berasal dari Korea, merupakan Sub Kontraktor dari perusahaan asing bernama PT Sangsi, dipekerjakan di PLTU Priamanaya Keban Agung Unit 1 dan 2 Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, diduga tidak memiliki ijin tempat tinggal dan paspor.

Menurut salah satu karyawan yang berdomisili di Desa Telatang Kecamatan Merapi Barat yang tidak mau disebutkan namanya mengungkapkan, para tenaga kerja asing yang bekerja di PLTU Primanaya ini apabila ada razia dari ke imigrasian dari Muara Enim mereka kabur serentak.

“Para tenaga kerja asing ini kabur masuk hutan, dan mereka bersembunyi dihutan disekitar PLTU, karena lokasi perusahaan ini masih banyak hutan,” ungkap pria yang enggan disebutkan namanya tersebut.

Pantauan Kabar Sumatera di lokasi, nampak beberapa tenaga pekerja asing keturunan Cina dan Korea telah bekerja selama lima tahun, sedang bekerja menggunakan pakaian kerja warna biru serta mengenakan topi safety warna putih.

Di samping itu, walaupun saat ini perusahaan listrik tenaga uap masih dalam tahap penyelesaian, pada waktu istirahat para pekerja asing tersebut berkumpul di salah satu ruangan yang ada pada perusahaan itu sendiri.

Sementara Camat Merapi Barat Ahmad Hasdi saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya (19/1) menjelaskan, bila mereka tidak memiliki paspor itu namanya ilegal, Apalagi tidak memiliki izin tempat tinggal di Indonesia.

“Kita harapkan, semua tenaga kerja asing yang bekerja di PLTU tersebut harus dirazia, walaupun mereka bersembunyi, karena ini sudah termasuk urusan imigrasi, jangan sampai di Lahat ini ada pekerja asing ilegal,” tegasnya.

Untuk itu, lanjut Hasbi, dalam waktu dekat akan mengajak tim dari imigrasi Muara Enim untuk mendata semua pekerja asing tersebut.

“Kita akan segera mendatanya,” jelasnya.

 

TEKS       : JUMRA ZELFRI

EDITOR   : FJ ADJONG

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster