BBM Turun tak Bawa Dampak Penurunan Harga pokok

 183 total views,  4 views today

PALEMBANG – Kepala Kantor Wilayah VII Bank Indonesia (BI) Sumsel, Hamid Ponco mengatakan ada banyak faktor yang mempengaruhi jika harga kebutuhan pokok turun, diantaranya tekenan inflasi serta dolar yang saat sedang menguat, jadi bukan karena turunnya harga BBM.

“Jadi turunnya harga BBM ini tidak begitu berdampak pada penurunan harga pokok dipasaran,” katanya saat temui media di Rumah Makan Pondok Kelapa, Selasa (20/1).

Ia menyebut, masyarakat juga harus perlu mengerti bahwa BBM ini adalah salah satu bagian komponen untuk biaya angkutan yang pengaruhnya hanya 2,87 persen terhadap harga barang dan jasa.

“Secara hitung-hitungan pengaruhnya sangat kecil namun untuk persentasenya dia tidak dapat memastikan mengigat kejadian ini sangat unik. Pemerintah biasanya menaikkan BBM, bukan menurunkannya,” ujarnya.

Untuk memastikan hal tersebut, BI akan berencana untuk mensurvei pasar dalam perannya sebagai Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

“Akan ada waktu pasar untuk merespon, kemudian kestabilan harga akan muncul dengan sendirinya dalam dua hingga tiga bulan ke depan,” kata dia.

Jelasnya, pada prinsipnya, ketersedian barang dan jasa di pasaran sangat mempengaruhi harga. Sementara, kondisi saat ini sangat mempengaruhi jumlah pasokan di pasaran.

“Sementara ini, sudah ada kabar baik karena harga cabai sudah turun. Mengapa cabai jadi perhatian karena sering menjadi penyebab inflasi,” kata dia.

Di acara berbarangan, BI memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Masjid Agung dan Sekolah SD Muahammadiyah 4 Palembang. Pemberian bantuan CSR ini langsung diberikan langsung oleh Bapak Hamid Ponco Wibowo, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan di rumah makan Pondok Kelapa.

Dana bantuan yang diberikan untuk Masjid Agung sebesar Rp75 juta, sedangkan untuk Sekolah SD Muhammadiyah 4 sebesar Rp35 juta.

 

TEKS          : AMINUDDIN
EDITOR      : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster