Shalat Dhuha, Kembangkan Imtaq dan Ekskul

 103 total views,  3 views today

– Program MIN I Palembang

PALEMBANG – Menanamkan akhlaq dan budi pekerti sejak dini dalam diri siswa menjadi hal penting. Oleh sebab itu, tak salah jika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) I Palembang memaksimalkan program pengembangan dan peningkatan Iman dan Taqwa (imtaq) yang beriring dengan kegiatan ekstrakurikuler (ekskul).

Namun demikian, Kepala MIN I Palembang, Fery Aguswijaya, S.Ag, mengatakan sebelum pelaksanaan kegiatan imtaq dan ekskul dimulai, siswa-siswi kelas IV-V beserta guru dan pegawai melaksanakan shalat dhuha berjamaah. “Baru setelah itu dilanjutkan dengan penampilan siswa-siswi secara bergiliran yang dimulai dari kelas VI-A,” ujarnya, Senin, (19/1).

Dalam program itu, ditampilkan asmaul husna, shalawat, show tahfiz, tausiah dan diakhiri kholaqoh tadarus Al-qur’an. Kegiatan ini merupakan kegiatan imtaq di masjid Al Jihad yang dilaksanakan pukul 10.00 WIB. “Untuk pelaksananaan ekskul sendiri dimulai dari jam 10.00 hingga 11.30 WIB, kecuali untuk bulu tangkis dimulai pukul 15.00,” tegasnya.

Menurut Ferry, hal ini dilakukan untuk meningkatkan mutu lembaga, terutama bagi MIN I Palembang sebagai salah satu madrasah teladan. Pengembangan program Imtaq dan ekskul ini menurut Fery, sebagai dinamisasi program yang ada sebelumnya. Oleh sebab itu Fery menyebutkan pada semester II, pihaknya akan menambah jumlah kegiatan ekskul. “Pada semester dua ini direncanakan akan ada penambahan ekskul dari 12 ekskul yang ada, targetnya 14 ekskul. Sementara ini, dua ekskul masih dalam proses pencarian pelatih,” katanya.

Fery menambahkan, kegiatan ekskul yang sudah ada diantaranya, karate, pancak silat, futsal, seni, sastra, LCC, Matematika, English Club, Bahasa Arab Club, Tilawah, Rebana, Bulu Tangkis dan Tahfiz.

Menurut Fery, kegiatan ekskul ini sudah ditentukan pihak sekolah. Disebutkan, untuk kelas III – VI diwajibkan mengikuti salah satu ekskul. Sementara bagi siswa-siswi kelas I dan II hanya dianjurkan, dan belum diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ekskul.

“Ya sudah diatur dan ditentukan untuk kegiatan ini, seperti untuk kelas tiga sampai kelas enam harus ikut ekskul diantara 12 ekskul yang ada. Tapi kalau baru kelas I sampai kelas III tidak diwajibkan, cukup dianjurkan saja, “ katanya, sembari menegaskan kegiatan imtaq dan ekskul ini sudah dibuka secara serentak yang telah dilaksanakan hari Sabtu lalu.

“Alhamdulillah MIN 1 Teladan Palembang konsisten terhadap program yang telah direncanakan untuk dilaksanakan, baik itu berupa pengembangan pembelajaran dan ekskul,“ kata Fery

 

 

TEKS          : ANDI HARYADI

EDITOR      : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster