Limbah PT SPF Kembali Cemari Lingkungan

 1,001 total views,  6 views today

INDRALAYA – Akhir-akhir ini, warga Perumahan Taman Gading I, Desa Palemraya, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir kembali mengeluhkan limbah udara yang dihasilkan dari PT. Sumatera Prima Fibreboard (SPF), perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan kayu.

Menurut Jai, warga setempat, akhir-akhir ini limba PT SPF berupa debu dan bau yang menyengat sangat menganggu lingkuangan. “Lihat saja dimobil saya, banyak sekali debu hasil limbah SPF. Selain itu, bau yang tidak sedap dari limbah semakin menyesakkan dada,” ujarnya, kemarin.

Ia menambahkan, warga dengan SPF beberapa bulan yang lalu sempat kisruh, terkait limbah tersebut. “Saat itu, limbah SPF berkurang, bahkan tidak ada sama sekali. Kan bisa tidak keluar limbahnya, sekarang kenapa keluar lagi, apa tidak ada solusi yang baik dari pihak SPF ini,” paparnya.

Bahkan, katanya, hasil keputusan musyawarah warga dengan pihak SPF menghasilkan, sebuah kesepakatan jika warga memiliki hak untuk kembali memprotes jika limbah SPF kembali mencemaran lingkungan warga.

“Memang kami dapat CSR dari PT SPF, namun proyek gorong-gorong dari SPF ini tidak tau kenapa berhenti, seperti tidak ada lanjutannya lagi. Pastinya, kami sangat menginginkan limbah SPF tidak mencemari lingkungan kami lagi,” timpal Lini, warga Taman Gading I juga.

Hal senada juga dilontarkan Ketua RT, Kating. Menurutnya, akhir-akhir ini memang limbah SPF berupa debu dan bau menyengat terus mencemari lingkungan warga.

“Kita sudah protes, tapi yang datang ke lokasi kita hanya beberapa karyawannya saja. Ya mereka tidak bisa mengambil keputusan. Kami minta pimpinan yang datang, biar jelas,” tegasnya.

Terpisah, Manager Hr PT SPF, Ahyar Rusdi saat dikonfirmasi mengaku pihaknya terus berusaha mencari solusi agar limba tidak lagi mencemari warga. “Kami sudah berusaha mencari solusi,” singkatnya.

 

Teks     : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster