KNPI Lubuklinggau Gelar Festival Budaya Pemuda

 266 total views,  4 views today

Wako Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe didampingi, Ketua KNPI,Fery Fy, Ketua DPRD,Kapolres, Dandim,dan ketua dan sekretaris MPI Lubuklinggau memukul drum tanda festival dimulai. | Foto : Sri Prades

Wako Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe didampingi, Ketua KNPI,Fery Fy, Ketua DPRD,Kapolres, Dandim,dan ketua dan sekretaris MPI Lubuklinggau memukul drum tanda festival dimulai. | Foto : Sri Prades

Di tengah keramaian lalulintas di depan Gedung DPRD Lubuklinggau, kemarin (19/1) Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe,bersama Dandim 0406, Kapolres, Kajari dan Ketua KNPI menaiki kereta kuda menuju venue Festival Budaya Pemuda Linggau di lapangan eks kompi Taba Pingin.

Ketua DPD KNPI Lubuklinggau, Fery Fy di kesempatan ini menyampaikan acara tersebut disamping agenda rutin yang mana dulu sering dilaksanakan, juga sebagai wadah kreatifitas dan inovasi pemuda Lubuklinggau.

Ujar Fy, kebangkitan pemuda di Kota Lubuklinggau dimulai pada 2008 lalu tepatnya pada saat Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menjabat sebagai ketua Majelis Pemuda Indonesia Lubuklinggau dan sebagai Wakil Walikota Lubuklinggau.

FY juga mengusulkan kepada Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dan dinas PU agar dapat menyiapkan jalan khusus dimana akan diberi nama jalan pemuda.

“Mudah-mudahan acara seperti ini bisa dilakukan terus menerus. 23 Januari 2015 akan kita adakan lomba batu akik dan pemenang akan direkomendasikan untuk disertifikat oleh lembaga berkompeten nasional, khususnya batu asli Sumatera Selatan,”kata Fy.

Adapun juri pada kontes batu akik tersebut nantinya akan dilibatkan langsung wali kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dan Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dover karena mereka paham tentang batu akik.

Dijelaskan Fy, Festival Budaya Pemuda Lubuklinggau diisi dengan perlombaan seperti festival band, stand up comedy, kontes batu akik, mewarnai, parade budaya dan dihibur oleh beberapa artis nasional.

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengapresiasi kinerja KNPI Lubuklinggau pimpinan Fery Fy, karena berani melaksanakan kegiatan dengan dana sendiri.

“Ketua KNPI harus modal nekat, jangan nak untung, tekor terus dak papo asal tersohor. Saya bisa jadi walikota karena saya mengalami proses di kepemudaan dan didukung oleh pemuda,” kata Nanan sapaan H SN Prana Putra Sohe.

Selama ini, lanjut Nanan, pemuda selalu dikatakan sebagai asset penerus bangsa, tapi dimana peran pemuda, peran ini lah menjadi pemikiran bersama , karena harus ada peran yang jelas.

“Pemuda harus menanamkan peranya, Pemuda harus BISA, kita butuh pemuda yang memiliki Brain, inovation, Speed, Capability (Kemampuan) ini harus ditanamkan dikalangan pemuda,”tegas Nanan.

Nanan berharap pemuda-pemuda tidak lagi menyelenggarakan hal-hal yang tidak inovatif dan kreatif seperti lomba lari karung, makan kerupuk.

“Lomba itu dak musim lagi, pemuda kreatifitas anak muda harus ditonjolkan, inilah untuk mengisi peran pemuda, kalau tidak kreatifitas dan inovasi jangan berharap ditoleh orang,”ujar Nanan.

Alhamdulillah, sambung, Nanan, KNPI bisa melaksanakan kegiatan kreatif dengan modal sendiri, dengan tidak mengajukan proposal, tapi kalau kegiatanya bagus pasti akan dibantu oleh wali kota.

 

TEKS         : SRI PRADES

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster