Bulog Targetkan 7 Ton Pagu Raskin

 234 total views,  2 views today

PALEMBANG – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sumatera Selatan mencatat data penerima Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) tahun ini sebanyak 419.579 RTS-PM. Dengan pagu raskin sebanyak hampir 7 juta ton atau 6.293.685 kg per bulannya. Demikian diungkapkan Kepala Perum Bulog Divre Sumatera Selatan, Basirun saat diwawancarai di Gedung RRI, Senin (19/1).

Jelasnya, pagu alokasi bantuan beras untuk rumah tangga miskin di tiap Kabupaten/Kota se-Sumsel, jumlahnya tidak berubah dengan tahun 2014 sesuai dengan Keputusan Gubernur Sumsel No 701/KPTS/IV/2014 tanggal 17 November 2014.

“Jadi, Gubernur sudah berikan catatan pagu raskin, kini hanya tinggal menunggu alokasi dari Kabupaten/Kota untuk jumlah pagu-nya. Kami berupaya agar ini bisa cepat selesai. Jadi bisa langsung disalurkan kepada 419.579 RTS-PM yang ada di Sumsel,” beber Basirun.

Alokasi setiap RTS sebanyak 15 kg per bulan selama 12 bulan dengan harga Rp1.600 per kilonya, di titik distribusi yang pelaksanaannya dijadwalkan sesuai dengan kondisi Kabupaten dan Kota setempat. Dari data yang ada, Palembang mendapatkan alokasi raskin paling banyak yakni 72.178 RTS-PM dengan pagu 1.082.670 kg per bulannya. Lalu yang terkecil atau sedikit menerima bantuan yakni Pagaralam dengan 5.486 RTS-PM dan pagu raskin sebesar 82.290 kg per bulannya.

“Sebagai upaya menjaga harga dasar gabah dan harga beras pada tingkat penggilingan di daerah sentra produksi, penetapan aloakasi sasaran penerima program raskin ini dipertajam dan diutamakan bagi keluarga yang sangat miskin pada daerah rawan pangan dan daerah perkotaan yang benar-benar membutuhkan bantuan pangan berupa beras bersubsidi,” bebernya.

Pihaknya melakukan penyaluran bantuan raskin ke titik distribusi yang ditunjuk berdasarkan hasil musyawarah Desa/Kelurahan, Kecamatan, dan tokoh masyarakat. Guna mendukung dan menjamin kelancaran pelaksanaan program raskin.

Bupati dan wali kota berkoordinasi dengan tim koordinasi pelaksanaan program bantuan beras, untuk raskin Kabupaten/Kota untuk penetapan pagu raskin kecamatan di 2015.

“Kami berharap agar tahun ini realisasi penyaluran raskin bisa terpenuhi. Karena berkaca dari tahun lalu yang belum memenuhi target. Yakni karena Banyuasin per akhir Desember masih menyisakan beberapa kilo beras raskin,” tutur Basirun.

Ditanya mengenai stok beras raskin per 18 Januari 2015 masih dengan jumlah 32.450 ton. Apabila kebutuhan per bulan sebesar 6.544 ton beras, maka stok beras raskin aman hingga lima bulan mendatang.

“Stok ini dengan rincian Palembang dengan memiliki 19.642 ton, Sub Divre OKU 11.255 ton, Sub Divre Lahat 761 ton dan Sub Divre Mura sebanyak 792 ton,” tutupnya.

 

TEKS       : IMAM MAHFUZ

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster