BBJN Berharap Pemkot Tuntaskan Pembebasan Lahan Jembatan MUSI IV

 509 total views,  2 views today

PALEMBANG – Tahun 2015 ini Pemerintah Pusat akan kucurkan dana sebesar Rp 9 miliar untuk pengerjaan fisik pembangunan Jembatan Musi IV. Namun, dana tersebut tidak bisa langsung dikucurkan, pasalnya saat ini permasalahan pembebasan lahan masih terkendala.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksana Jalan Metropolitan Palembang, Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) III Aidil Fitri mengatakan, jika persoalan pembebasan lahan selesai, dananya bisa segera dicairkan.

“Kami dari BBJN masih menunggu, apakah persoalan lahan bisa segera dituntaskan atau tidak,” ungkapnya, Senin (19/1).

Aidil mengaku, pembangunan jembatan baru di ibu kota Sumsel ini sudah sangat mendesak. Mengingat, beban jembatan Ampera sudah sangat berlebihan. Apalagi, umur Jembatan Ampera tersebut sudah sangat tua.

“Saat ini, Jembatan penghubung antara Seberang Ulu (SU) dengan Seberang Ilir baru ada dua yakni, Ampera dan Musi II, sementara pertumbuhan penduduk tinggi,”katanya.

Aidil menyebutkan, kota yang terbelah sungai Musi ini, minimal ada penambahan dua jembatan baru. Dengan begitu, baru bisa dikatakan ideal untuk menghubungkan masyarakat SU dan Seberang Ilir.

“Jembatan kita masih sangat terbatas, minimnya jembatan penghubung ini juga yang menyebabkan terjadinya kemacetan di Palembang, yah minimal ada 4 jembatan lagi,” katanya.

Kata Aidil, saat ini beban transportasi di Metropolis masih fokus pada Jembatan Ampera. Dengan adanya penambahan jembatan baru, transportasi tidak tertumpu lagi pada satu jembatan yakni Ampera.

“Kami harap, Pemerintah Kota Palembang segera menuntaskan persoalan lahan di kawasan SU, karena info yang kami dapat belum tuntas, kalau Seberang Ilir selesai,” imbuhnya.

Untuk diketahui, dana yang dibutuhkan untuk pembangunan Jembatan Musi IV tersebut menelan dana sebesar Rp 585 miliar yang berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang ditargetkan harus selesai akhir tahun 2016.

 

TEKS      : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster