RS Bari Butuh Tambahan Ruang Rawat Inap

 356 total views,  2 views today

Semakin melonjaknya pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan, membuat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palembang Bari, kualahan. Pasalnya kamar inap pasien masih minim. Direktur Utama RSUD Palembang Bari Malkiani mengatakan, kekurangan kamar inap pasien tersebut sudah lama. Pihaknya berharap segera ada penambahan kamar inap.

“Sekarang ini jumlah total kamar inap baru 321 unit, 70 persen di antaranya kamar inap untuk pasien kelas III,” ungkapnya.

Dia berharap, tahun 2015 ini segera ada penambahan lagi. Sehingga pelayanan di RS milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tersebut lebih maksimal.

“Ya, kami harap segera ada penambahan kamar inap lagi, dalam waktu dekat akan dibicarakan dengan DPRD Palembang,”ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Komisi IV DPRD Palembang, Syafran Syaropi mengatakan, pihaknya setuju usulan penambahan kamar inap tersebut, karena RSUD Palembang Bari merupakan RS alternatif utama bagi pasien rujukan dari tingkatan fasilitas kesehatan, baik dari Puskesmas atau rumah sakit yang ada di kabupaten dan kota di Sumsel.

“Boleh saja, ajukan usulan ke dewan untuk penambahan ruang atau fasilitas lain yang dibutuhkan RS. Karena RSUD Bari itu tujuan rujukan utama sebelum di rujuk ke RS tipe A yakni RSMH,” katanya.

Syafran menegaskan, pihak RS harus serius dalam melayani semua pasien tanpa terkecuali. Termasuk, peserta BPJS, karena sudah ada jaminan dari Pemerintah soal itu.

“Kami minta layanan jangan dibeda-bedakan. Rakyat miskin juga harus dilayani. Tidak ada istilah ditolak,”ulasnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Palembang, Sudarto mengatakan, saat ini wilayah Sumsel masih kekurangan 2.400 tempat tidur.

“Kekurangan tempat tidur masih cukup tinggi di RS, angkanya mencapai 2.400 lebih,” ungkapnya.

 

TEKS        : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster