Pasar Traditional Sementara Tebing Tinggi Masih Semeraut

 326 total views,  2 views today

pasar tradisional sementara (PTS) Lorong Arabia dan Lorong Talang Padang Kelurahan Pasar Tebing Tinggi, | Foto : Saukani

pasar tradisional sementara (PTS) Lorong Arabia dan Lorong Talang Padang Kelurahan Pasar Tebing Tinggi, | Foto : Saukani

EMPAT LAWANG – Relokasi ratusan pedagang kaki lima (PKL) dari jalan lintas tengah sumatera (Jalinsumteng), ke lokasi pasar tradisional sementara (PTS) Lorong Arabia dan Lorong Talang Padang Kelurahan Pasar Tebing Tinggi, masih semeraut.

Muncul persoalan baru diterima para pedagang, karena minimnya lokasi parkir bagi pembeli. Akibatnya, kemacetan lalulintaspun di pasar sayur (pasar basah, red) pun tidak dapat dielakan.

Dari pantauan Kabar Sumatera, Jum’at (16/1) di kawasan relokasi pedagang sayur yang berlokasi persis depan Masjid Jamik dan Masjid Raya Pasar Tebing Tinggi tersebut, para pedagang menggelar lapak dagangannya di sepanjang Jalan Lorong Arabia dan Lorong Talang Padang hingga meluber ke jalan utama.

Kendaraan para pembeli parkir pun memenuhi hingga memakan badan jalan. Akibatnya terjadi penyempitan jalan pada jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum) di kawasan pasar itu, sehingga kemacetan pada ruas jalan Jalintengsum tak dapat dihindari.

Hal tersebut juga diperparah dengan angkutan ojek Gandeng (Betor) yang parkir, menaikan dan menurunkan penumpang di sembarang tempat.

“Pindah pasar pindah juga macetnya, apa tidak dikaji sebelumnya,” ujar Syamsul (40), pengendara roda empat terjebak macet di lokasi tersebut.

Para pengendara ojek gandeng mengakui, minimnya tempat parkir memaksa Dia dan pengendara ojek gandeng lain memarkir kendaraan di badan jalan.

Meski di depan relokasi pasar ada lahan parkir namun itu lahan parkir milik toko, sehingga ketika Dia dan rekannya lain memarkir kendaraan di situ pihak pemilik toko melarang dengan alasan lahan parkir tersebut milik toko.

“Mau parkir di mana, sedangkan di depan lorong itu parkir milik toko, mereka melarang jika parkir di sana,” tukas Andre (27), salah seorang pengendara ojek gandeng.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Kadishubkominfo) Kabupaten Empat Lawang, H Choiri Badri ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya segera menurunkan tim untuk penertiban lalu lintas di lokasi PTS dan jalinsumteng pasar Tebing Tinggi.

“Macet ya, nanti kita turunkan tim dan tertibkan,”tukasnya.

TEKS       : SAUKANI

EDITOR   : FJ ADJONG





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster